Asap Rokok vs Penumpang Kendaraan Umum

Ilustrasi
Ilustrasi

MobilKomersial.com – Pernahkah Anda merasa terganggu dengan pengemudi angkutan umum yang merokok saat mengemudi?? Hal ini sering dirasakan oleh sebagian masyarakat, khususnya kaum wanita. Mereka merasa terganggu saat pengemudi angkutan umum merokok pada saat mengemudi.

Rokok memang menjadi polemik saat ini. Dengan wacana kenaikan harga yang bisa mencapai Rp 50.000. Namun ini bisa menjadi suatu cara agar menurunkan tingkat konsumsi rokok di tingkat masyarakat bawah. Wacana ini juga mendorong untuk sebagian para supir angkot mengurangi konsumsi rokok. Karena harga yang tidak setimpal dengan penghasilan hariannya.

Asap rokok memang sangat menggangu apabila merokok tidak pada tempatnya. Apalagi saat membawa penumpang. Banyak keluhan dari para penumpang terkait asap rokok yang menggangu pada saat mereka di dalam kendaraan umum. Banyak pula supir angkot yang tidak peduli dengan para penumpangnya. Sebagian penumpah sudah berusaha menegur sang supir angkot, namun banyak juga yang mengacuhkan teguran tersebut.

Menurut  PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 81 TAHUN 1999 TENTANG PENGAMANAN ROKOK BAGI KESEHATAN yang dikutip dari sipuu.setkab.go.id, Pada bagian keenam “Kawasan Tanpa Rokok” Pasal 23 menyebutkan :

  • Tempat umum dan atau tempat kerja yang secara spesifik sebagai tempat menyelenggarakan upaya kesehatan proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, kegiatan ibadah dan angkutan umum dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok.
  • Dalam angkutan umum dapat disediakan tempat khusus untuk merokok dengan ketentuan:
  1. lokasi tempat khusus untuk merokok terpisah secara fisik/tidak bercampur dengan kawasan tanpa rokok pada angkutan umum yang sama;
  2. dalam tempat khusus untuk merokok harus dilengkapi alat penghisap udara atau memiliki sistem sirkulasi udara yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri yang bertanggung jawab di bidang perhubungan.

Dan disini Masyarakat juga berperan penting untuk mengingatkan dan menegur pengemudi maupun penumpang lain yang sedang berada di dalam angkutan umum agar tidak merokok.

Lalu, bagaimana tanggapan anda?? Apakah anda masih mau menghirup asap rokok di dalam angkutan umum, bus maupun kendaraan lain??

Jadikan suasana kendaraan bebas asap rokok, agar lebih nyaman dan lebih sehat.

Tinggalkan Balasan