Nissan Beli Saham Mitsubishi sebesar 34%

Berita Terkini Bisnis Bus & Truk Mancanegara

nissan-mitsubishiJepang, MobilKomersial.com – Kabar yang tengah santer beredar mengenai pembelian saham Mitsubishi Motors oleh Nissan kini mendapat kejelasan. Menurut Reuters,(12/5) waktu setempat, Nissan secara resmi membeli 34% saham Mitsubishi dengan total nilai US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp. 24 Trilyun rupiah.

Koji Endo, Analis Advanced Research Jepang, menilai dengan kongsi itu masing-masing pihak mendapatkan keuntungan. Seperti diketahui, Mitsubishi Heavy Industries (MHI) hanya memiliki 20% saham Mitsubishi Motor Corporation (MMC). Sedangkan dari sisi penjualan, kongsi ini bakal tercatat sebagai pabrikan dengan penjualan terbesar di dunia. Sebab, jika penjualan dari tiga pabrikan yang tergabung dalam kongsi yakni Nissan, Renaut, dan Mitsubishi digabung akan mencapai 9,3 juta unit.

Sementara itu bagi Nissan, dengan mencaplok saham Mitsubishi akan membuatnya semakin kokoh terutama di pasar kawasan Asia.
Lebih lanjut Koji edo menegaskan bahwa Mitsubishi akan semakin diuntungkan oleh keunggulan operasional Nissan di wilayah Amerika Utara. Dan Nissan akan mendapatkan keuntungan dari kuatnya Mitsubishi di wilayah Asia Tenggara.

Hits: 31

Tinggalkan Balasan