Mengintip Pencapaian Hino di Tahun 2015

20151119_093120Jakarta, MobilKomersial.com – Tahun lalu merupakan tahun yang amat berat bagi industri otomotif, tak terkecuali pada segmen kendaraan niaga. Akibatnya, para pebisnis yang merupakan konsumen kendaraan niaga ini cenderung menunda pembelian kendaraan, yang akhirnya berimbas pada lini penjualan.

PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku distributor kendaraan Hino di Indonesia tak menampik penurunan yang terjadi di tahun lalu. Walaupun terjadi penurunan, tetapi justru market share Hino untuk segmen medium duty truck mengalami kenaikan.

Penjualan kendaraan Hino untuk segmen medium duty truck berada di angka 17.605 unit selama tahun 2015, atau menguasai pangsa pasar sebesar 62 persen. Pencapaian tersebut membuat market share Hino di segmen ini kembali terangkat, setelah pada tahun sebelumnya berada di angka 60,3 persen atau setara dengan 10.856 unit.

Selain itu, kenaikan penjualan juga terjadi pada segmen light duty truck, dimana market share tahun 2015 tumbuh menjadi 17,25 persen dibandingkan tahun 2014 yang berada di angka 16 persen. Adapun angka penjualan di segmen ini berada di 11.158 unit.

Dalam hal ini, Hino Dutro yang menjadi andalan untuk segmen ini memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap penjualan Hino. Sejak pertamakali diluncurkan pada tahun 2002, Dutro cukup memberikan dampak yang positif dengan selalu menampilkan kenaikan penjualan di setiap tahunnya.

“Pertumbuhan ekonomi yang melambat berdampak pada perekonomian Indonesia, khususnya pasar kendaraan komersial. Tetapi Hino tetap memberikan produk terbaiknya dan layanan purna jual yang prima untuk customer kami,” ujar Presiden Direktur PT. HMSI, Hiroo Kayanoki.

Satu lagi pencapaian besar Hino di tahun 2015, yakni saat meluncurkan The New Generation Ranger untuk menggantikan generasi Ranger yang sudah ada. Hebatnya, peluncuran ini menjadi world premier.

Selain menghadirkan produk-produk berkualitasnya, selama tahun 2015 Hino juga terus mengepakan sayapnya dengan terus memperluas jaringan penjualannya. Tahun lalu, Hino meresmikan 12 outletnya yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara seperti Palembang, Narogong, Daan Mogot, Slema. Dan Malang.

Tambahan 12 outlet tersebut menggenapkan jaringan penjualan Hino menjadi 164 outlet yang tersebar hingga pelosok negeri.

Bus
Untuk segmen bus, Hino kian mengokohkan posisinya sebagai market leader, dengan menguasai 82 persen market share bus di Indonesia.

Terlebih, tahun 2015 Hino resmi meluncurkan FC 190 Bus. Bus ini mempunyai 40 seat yang membuatnya berada di antara segmen big bus dan juga small bus. Saat ini Hino baru saja menyelesaikan road show FC Bus ini di beberapa kota di Tanah Air.

Penjualan bus Hino pada tahun 2015 juga ditunjang dengan keberhasilan pabrikan Jepang tersebut memenangi tander pengadaan bus Kementerian Perhubungan. Saat itu, Kemenhub memerlukan lebih dari 1.000 unit bus yang akan disebar ke sejumlah Pemerintahan Daerah atau juga Kementerian lainnya.

 

Penulis : Zico

Tinggalkan Balasan