Bus Irizar i8 yang Terus Jadi Buah Bibir

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Sejak pertama kali diperkenalkan di pasar Eropa sekitar bulan Oktober 2015 lalu, bus terbaru dari Irizar, Irizar i8 terus membuai perhatian publik. Sosok bus yang diposisikan sebagai suksesor Irizar PB yang akan resmi dihentikan produksinya pada tahun depan ini ramai menjadi perbincangan para penggemar dan pemerhati bus dan dunia transportasi, tak terkecuali juga di Indonesia.

Pusat perhatian pada sosok bus ini di mana lagi kalau bukan pada tampang mukanya yang unik. Tampang Irizar i8 membentuk huruf V. Tampilan huruf V ini juga diulang pada bagian belakang bus.

Wajah depan Irozar i8 makin menggoda dengan aplikasi lampu LED sebagai headlamp-nya. Aplikasi lampu LED juga  terdapat pada bagian belakang bus yang membuatnya terlihat begitu indah.

Irizar membangun i8 di atas platform mesin DAF MX 13. Kursi penumpang di bus Irizar i8 sudah dikembangkan sedemikian rupa untuk mereduksi bobot sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang. Untuk mengembangkan teknologi kursi penumpang terbarunya ini, Irizar menggandeng pabrikan Vogel.

Dasbor Irizar i8 didesain  ergonomis. Berbagai perangkat kemudi, indikator navigasi dan sebagainya ditempatkan pada posisi yang mudah dijangkau dan mudah terlihat. Fitur navigasi pada bus ini bisa dioperasikan menggunakan joystick. Untuk mengoperasikan semua aksesoris dan fitur di kabin seperti AC, entertainment, mikrofon dan kamera seluruhnya ditempatkan di konsol tengah.

Irizar menginvestasikan dana 18 juta euro untuk mengembangkan bus Irizar i8 ini. Sebanyak 10 juta eueo diantaranya dipakai untuk mengembangkan konsep baru busnya. Sisanya diinvestasikan untuk aspek teknis dan pemodelan.

Irizar merupakan pabrikan bus global dengan turnover mencapai 550 juta euro sepanjang 2014 lalu. Sebanyak 80 persen produknya untuk memenuhi pasar ekspor. Tahun 2015 lalu Irizar diperkirakan mampu memproduksi bus sebanyak 3.000 unit dengan fasilitas produksi yang dipusatkan di Spanyol, dan bukan tak mungkin tahun ini produksinya mampu melewati angka tahun lalu.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan