Bisnis Batu Bara Lesu, United Tractors Buka Upsi PHK Sukarela

Jakarta, MobilKomersial Bisnis Batu Bara Lesu, United Tractors Buka Upsi PHK Sukarela . Pasar batubara di pasar internasional yang terus menerus lesu, yang dipicu oleh anjloknya harga komoditi ini di pasar internasional, ikut memukul bisnis perusahaan pemasok alat berat pertambangan dan perkebunan PT United Tractor Tbk. Agar beban keuangan tidak semakin berat, perusahaan berkode saham UNTR ini membuka opsi pengunduran diri (PHK) sukarela kepada karyawan.

Iwan Hadiantoro, Direktur UNTR mengatakan, bisnis batu bara sedang mengalami masalah global, dimana harga batu bara terus menurun dan menyebabkan para pemilik tambang melakukan penurunan produksi.
“Perseroan dan grup usaha perusahaan perseroan di bidang usaha jasa kontraktor penambangan dan pertambangan batubara ikut terkena dampak akibat penurunan produksi oleh pelanggan,” kata Iwan Hadiantoro, Direktur United Tractor dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Iwan menjelaskan, dibukanya opsi PHK sukarela merupakan upaya perseroannya untuk menyesuaikan kapasitas produksi dengan alokasi sumber daya yang mereka miliki, meliputi alat berat dan tenaga kerja.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, saat ini pihaknya sudah menempuh sejumlah langkah untuk efisiensi operasional. Antara lain dengan mengatur ulang jam kerja karyawan, tidak memperpanjang status karyawan kontrak, serta program PHK sukarela. Khusus program pengunduran diri sukarela ini sudah ditutup per akhir 2015 lalu.

Di Indonesia, United Tractor merupakan pemasok alat berat merk Komatsu, Bomag dan Tadano, UNTR juga menjadi distributor tunggal truk Scania dan UD Trucks untuk tambang dan on road. Perusahaan ini juga menjadi distributor tunggal bus premium Scania. Tipe-tipe bus Scania yang dipasarkan antara lain, K360 IB dan K410 IB.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 36

Tinggalkan Balasan