Gunakan Rem Belakang Untuk Mendapat Traksi Ban

Berita Terkini

IMG_8199Jakarta, MobilKomersial.com – Berkendara saat musim hujan dibutuhkan kehati-hatian ekstra karena jalanan licin dan basah. Apalagi bagi pengendara motor, kesalahan menggunakan rem sangat fatal untuk keselamatan.

Semua pemotor tentu sudah biasa dengan rem, namun sebagian besar pemotor khususnya yang menggunakan motor matik selalu salah kaprah menggunakan rem sehingga kerap terguling atau menabrak kendaraan lain karena slip.

Untuk itu pemotor perlu memperhatikan hal-hal berikut berdasarkan standar safety Riding ;

Jangan biasakan diri menggunakan rem depan setiap kali ingin berhenti atau melakukan pengereman darurat. Hal ini sangat berbahaya karena keseimbangan kendaraan akan hilang apalagi hal itu dilakukan saat jalan basah. Kemungkinan slip sangat tinggi.

Bagi pengguna motor sekuter matik, jangan biasakan tangan kanan Anda numpang dihendel rem depan, karena dalam keadaan tertentu tangan kanan yang responsif akan langsung menarik gagang rem dan bisa terjadi hal yang tidak diinginkan, apalagi saat menikung. Hindari tangan dari hendel rem.

Biasakan menggunakan rem belakang sebelum rem depan, karena sebagian besar beban motor ada dibelakang, kesimbangan juga demikian.

Dalam keadaaan kencang motor seperti speedboad , ban depannya seperti terangkat keatas sehingga perlu rem belakang untuk menurunkan laju kendaraan agar ban mendapat traksi yang cukup dijalan, sebelum dibantu rem depan untuk menyetop laju motor.

Bila Anda terbiasa menggunakan rem belakang, Anda dapat mengontrol motor dengan baik dan dalam keadaan tertentu anda bisa menghindarkan diri dari trouble di jalan raya.

Hits: 72

Tinggalkan Balasan