Jangan Tiru Pengemudi Bus Apron Bandara di India Ini

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Kolkata, MobilKomersial.com – Apa jadinya kalau pengemudi bus apron di bandara tidak konsentrasi mengemudikan busnya? Bisa nubruk kemana-mana dengan nilai kerugian tak terkira. Inilah yang terjadi pada pengemudi bus sial di Bandara Netaji Subas Chandra Bose International Airport di Kota Kolkata, India.

Karena tidak konsentrasi saat mengemudikan bus apronnya, bus yang dia kemudikan menyeruduk dari belakang pesawat terbang milik maskapai penerbangan Alliance Air yang tengah parkir, baru-baru ini. Pesawat berjenis baling-baling itu pun rusak berat.

Bus tersebut merupakan bus apron yang sedang mengangkut awak kabin maskapai penerbangan Jet Airways. Peristiwa yang terjadi di pagi hari pukul 05.25 waktu setempat ini diduga karena sang pengemudi bus, Momin Ali, mengantuk. Bus menubruk sayap dan propeler pesawat Alliance Air.

Pesawat milik maskapai di bawah grup maskapai Air India ini pun rusak parah. Kerugian diduga mencapai miliaran juta rupiah karena mesin pesawat bagian kanan juga ikut rusak. Landing gear bagian kanan dan beberapa bagian pesawat juga ikut rusak.
Saat peristiwa terjadi, cuaca sebenarnya dikabarkan cukup bagus karena pagi itu tidak ada kabut. Bus memasuki Bay 32 dan langsung menyeruduk pesawat.

Situs Motoroids India melansir, Momin Ali, sang pengemudi bus, dikenai pasal pidana nomor 279 dan 427 Indian Penal Code. Jika tidak terjadi kecelakaan tersebut, pesawat Alliance Star sebenarnya akan terbang ke kota Silchar di India pada pukul 07.30 waktu setempat. Penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket akhirnya dialihkan ke pesawat lain dari maskapai yang sama.

AK Sharma, Direktur Bandara Kolkata mengatakan, akibat insiden ini Momin harus menjalani tes pernafasan dan medical test untuk memastikan bahwa peristiwa tersebut tidak dipicu oleh kondisi sopir yang mabuk karena minuman keras. Kasus ini telah dilaporkan ke Otoritas Penerbangan India (AAI), dan kepolisian bandara oleh pihak Air India. Pihak Jet Airways juga ikut menginvestasi kejadian ini.

 

Penulis: M. Arif

Berita Terkini