Selama Asian Games 2018

Komitmen Hino Perbaiki Layanan Transportasi Berlanjut Hingga Pelosok Negeri

Berita Terkini Bus & Truk

BRT Hino busJakarta, MobilKomersial.com – PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) saat ini tengah gencar mengkampanyekan perbaikan transportasi umum di berbagai wilayah di Indonesia. Baru-baru ini, bus Hino kembali dipercaya untuk mengubah stigma buruk transportasi umum.

Kementerian Perhubungan RI baru saja memberikan bantuan kepada sejumlah Pemerintah Daerah dan dua perusahaan berplat merah, yakni Perum Damri dan PPD berupa sebanyak 1.240 bus. Dan kembali bus Hino dipercaya untuk merubah wajah transportasi Indonesia menjadi lebih baik.

Bus yang akan digunakan untuk alat transportasi masyarakat tersebut ialah Bus Rapid Transit (BRT), berupa bus Besar Hino R 260. Bus mesin bertenaga 260 PS ini dilengkapi dengan sistem pengeraman full air, serta single frame yang lebih kuat dan tahan lama, serta kick up frame sehingga membuat sistem suspensi lebih nyaman.

Selain itu ada pula Bus Sedang Hino Tipe FB 130 yaitu Bus bermesin 130 PS dilengkapi turbo intercooler yang didukung dengan double acting shock absorber serta mempunyai jejak ban yang lebih lebar membuat kendaraan lebih stabil.

Adapun pemanfaatan 1.240 unit bus bantuan tersebut adalah untuk Bus Rapid Transit sebanyak 1.050 unit, untuk Bus Pemadu Moda sebanyak 15 unit, Bus Angkutan Perkotaan sebanyak 50 unit, dan Angkutan Perintis sebanyak 125 unit.

Penerima 1.050 unit bus BRT yaitu Pemerintah Daerah Aceh 25 unit, Pemerintah Daerah Provinsi Lampung 20 unit, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku 5 unit, Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta 25 unit, Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru 50 unit, Pemerintah Daerah Kota Batam 15 unit, Pemerintah Daerah Kota Palembang 50 unit, Pemerintah Daerah Kota Semarang 25 unit, Pemerintah Daerah Kota Sorong 10 unit, Perum Damri 225 unit, dan Perum PPD 600 unit.

“Penyerahan 1.240 unit bus bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenhub untuk merealisasikan program Nawa Cita yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019. Dengan pengadaan bus ini diharapkan masyarakat dapat merasakan kehadiran Pemerintah terutama dalam hal penyediaan sarana dan prasarana transportasi darat yang memadai,” pungkas Sekjen Kementerian Perhubungan, Sugihardjo.

Hits: 42

Tinggalkan Balasan