Mobkom-Image-Pemilik Metromini Minta Dishub Bertindak Wajar

Cerita Presiden Jokowi Tentang Pengalamannya Naik Metromoni

Berita Terkini Transportasi
Mobkom-Image-Pemilik Metromini Minta Dishub Bertindak Wajar
Foto: Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Presiden Joko Widodo berbagi pengalaman menarik tentang kesehariannya menaiki Metromini. Sebuah pengalaman yang ia rasakan sekitar tahun 1985.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengungkapkan, sempat merasakan pengalaman bekerja di Jakarta selama sekitar tujuh bulan pada tahun 1985. Ia menuturkan, kala itu ia harus menggunakan transportasi umum dari tempat tinggalnya menuju tempat ia bekerja. Dan pada saat itu ia menggunakan Metromini.

“Saya ingat, saya naiki Metromini yang dulu. Saat saya jadi gubernur, saya cek, dan benar ini Metromini yang saya naiki dulu,” ujar Jokowi pada Desember lalu di Istana Negara, seperti dikutip Kompas.com.

Saat itu Jokowi mengaku terkejut dengan kondisi Metromini yang ada, yang menurutnya mengindahkan aspek keselamatan dan keamanan. Ia pun menduga, unit bus tersebut tak pernah diganti sejak ia pertamakali menaikinya, sehingga kondisinya sangat buruk.

Adapun semasa menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi yang dikenal dengan blusukannya beberapakali aktif untuk terjun melihat sarana transportasi umum Ibu Kota.

“Sopirnya mungkin ganti 100 kali, tetapi metromininya itu (tetap yang lama). Saya cek spidometer enggak ada. Saya takut remnya, kadang ada, kadang enggak ada,” candanya.

Cerita Jokowi tersebut terkait problematika Metromini yang beroperasi di Jakarta. Bus-bus sedang tersebut banyak yang terlihat sudah usang dan tak layak pakai.

Akan tetapi Direktur Utama PT Metromini, Novrialdi mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta waktu kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan waktu melakukan peremajaan.

“Kami sangat ingin meremajakan. Dari zaman Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, kami sudah mengajukan diri. Tetapi karena ada dua kepengurusan, kami tidak bisa,” kata Novrialdi saat dihubungi Rabu (6/1/2016).

“Dalam setahun kami mampu meremajakan 500 unit bus sesuai Standar bus TransJakarta.” pungkasnya.

Hits: 23

Tinggalkan Balasan