Pabrik Perakitan Toyota di AS Hasilkan Listrik Melalui Sampah

Berita Terkini Mancanegara
Foto: istimewa
Foto: istimewa

Kentucky, MobilKomersial.com – Saat ini banyak pabrikan otomotif berlomba untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan. Tak hanya itu, salah satu pabrikan asal Jepang, Toyota turut berusaha membudidayakan lingkungan di pabriknya dengan proses daur ulang sampah.

Ialah di salah satu pabrik perakitan Toyota yang berada di kota Kentucky, Amerika Serikat, telah memanfaatkan daur ulang sampah untuk menghasilkan listrik. Daur ulang itu merupakan pemanfaatan sampah yang menghasilkan gas metana.
Proyek pengembangan sampah menjadi gas metana ini merupakan hasil kerjasama pabrik Toyota Georgetown dengan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Central Kentucky di Amerika Serikat. Dalam kerjasama tersebut diperkirakan Toyota dapat memanfaatkan seluruh sampah yang berada di TPA Central Kentucky serta mampu hasilkan daya listrik sebesar 1 juta watt dalam satu jam.
Dengan adanyan daya tersbeut, Toyota pun mampu menghasilkan sekira 10 ribu kendaraan dalam setahun dari fasilitas pabrik yang dimiliki. Bahkan saat ini Toyota telah meningkatkan kapasitas daya listrik yang dihasilkan dari sampah hingga 10 megawatt per jam.
Penggunaan tenaga listrik pada pabrik perakitan Toyota di Kentucky merupakan salah satu bagian dari rencana Toyota Motor Corp untuk menghilangkah emisi CO2 yang selama ini dihasilkan oleh pabrik perakitannya.
Di masa depan, Toyota ingin seluruh pabrik perakitan akan menerapkan hal serupa.

Hits: 27

Tinggalkan Balasan