Tahun Depan Pasar Kendaraan Niaga Diprediksi Masih Lesu

Berita Terkini Bus & Truk

Truk Baru Hino 700 Siap Hadir di IIMSJakarta, MobilKomersial.com – Tahun depan, pasar kendaraan niaga di Indonesia, khususnya kendaraan jenis truk, diprediksi masih lesu seperti tren yang terlihat di tahun 2015 ini.

“Tren tahun depan saya perkirakan masih seperti sekarang (tahun ini). Kita belum berani prediksi terlalu agresif pada penjualan tahun depan. Jadi, market tidak akan terlalu berubah banyak,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Sales & Promotion PT. Hino Motors Sales Indonesia.

Menurutnya, tren lesunya penjualan kendaraan bermotor, termasuk kendaraan niaga di Indonesia adalah imbas dari ekonomi nasional yang belum juga menunjukan penguatan. Tren perlambatan ekonomi ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga di banyak negara, misalnya China dan Malaysia.

Agar penjualan kendaraan niaga kembali bergairah Pemerintahan Jokowi harus serius menggenjot penyerapan anggaran di APBN yang saat ini masih rendah. Harapannya, dengan penyerapan yang meningkat, belanja Pemerintah juga ikut naik, yang selanjutnya memberi efek positif pada ekonomi nasional.

Menurut Santiko, sektor pemerintahan merupakan salah satu pasar yang serius dibidik HMSI saat ini setelah penjualan kendaraaan niaga di sektor tambang lesu. HMSI saat ini aktif mengikuti kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah lewat situs LKPP dengan memasukkan beragam jenis truk Hino untuk berbagai aplikasi sesuai kebutuhan instansi di sektor pemerintahan.

“Kita menempatkan 300 item produk Hino di situs resmi LKPP, jadi instansi pemerintah yang membutuhkan kendaraan dengan spesifikasi tertentu bisa memilih,” ungkap Santiko.

HMSI saat ini menguasai 63 pasar truk medium duty di Indonesia lewat truk Ranger (Hino500 series) dan menguasai 17 persen pasar truk ringan lewat Hino Dutro (Hino300 series).

 

 

Penulis: M. Arif

Hits: 31

Tinggalkan Balasan