Bus Malam Mulai Tinggalkan Jalur Pantura

Berita Terkini Bus & Truk Karoseri Transportasi
Foto:  Rosalia Indah
Foto: Rosalia Indah

Jakarta, MobilKomersial.com – Sejak dioperasikannya Tol Cikampek-Palimanan sebelum Lebaran lalu, perusahaan otobus, terutama yang melayani trayek jarak jauh antarkota antarprovinsi di Pulau Jawa, mulai meninggalkan jalur reguler Pantura melalui Indramayu setiap melintas menuju Jakarta atau sebaliknya.

Tol Cipali yang langsung menyambung dari ruas Tol Cikampek dipilih karena membuat waktu tempuh jadi lebih pendek. Jika melewati Tol Cipali, pengusaha bus bisa memperpendek waktu tempuh hingga 2-3 jam. Seperti dilakukan oleh PO Rosalia Indah. Perusahaan yang berkantor pusat di Jalan Raya Solo-Sragen Km 7.5, Karanganyar ini, mulai 19 Desember 2015 ini
mulai mengalihkan perjalanan busnya dari kota-kota pemberangkatan di Jawa Timur dan Jawa Tengah ke Jabodetabek dan Merak tidak lagi melewati jalur reguler Pantura lewat Indramayu-Subang, tapi langsung membelok ke Tol Cipali.

Dalam pengumuman di akun resmi PO Rosalia Indah di media sosial disebutkan, perubahan rute ini dijanjikan akan membuat waktu tempuh perjalanan ke Jakarta lebih pendek. Bus akan tiba di tujuan lebih awal dari biasanya. Ketentuan rute baru ini berlaku untuk semua kelas armada.

“Sejak tanggal 19 Desember 2015 semua kelas armada Rosalia Indah Rute dari Timur ke Barat tujuan Jabodetabek-Merak tidak lewat Indramayu, melainkan akan lewat Tol Cipali. Penumpang tidak lagi mendapat kupon snack namun mendapat kompensasi tiba di Jakarta lebih awal/cepat dari biasanya,” sebut pengumuman tersebut.

Namun untuk rute sebaliknya, yakni pemberangkatan dari Merak dan kota-kota di Jabodetabek menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawea Timur, bus-bus Rosalia tetap melewati jalur reguler Indramayu. Hal ini diduga karena Rosalia masih mempertahankan titik transit (istirahat sebentar) armada busnya di rumah makan milik Rosalia sendiri di Indramayu seperti kebijakan yang selama ini mereka berlakukan sebelum Tol Cipali beroperasi.

Yang menarik, ketentuan baru melewatkan armada busnya lewat Tol Cipali tidak berlaku untuk armada bus malam tujuan kota-kota di Pulau Sumatera seperti Lampung dan Palembang. Rosalia Indah mengoperasikan armada busnya dalam beberapa kelas, mulai dari kelas Patas Non AC, Patas AC, VIP, Eksekutif Plus dan Super Eksekutif. Perusahaan yang didirikan oleh keluarga Yustinus Soeroso ini juga mengelola bisnis pengiriman paket antarkota.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 1726

Tinggalkan Balasan