Sistem ATC Kuatkan Traksi Truk di Jalan Licin

Berita Terkini Bus & Truk Teknologi

Onspot-snow-chains-yard-tractors_popupSwedia, MobilKomersial.com – Musim salju yang identik dengan jalanan licin membuat sebuah perusahaan part otomotif asal Swedia, VBG Truck Equipment berinovasi menciptakan automatic traction control (ATC) untuk membantu truk tetap beroperasi.

Sistem ATC ini akan disematkan pada poros belakang truk yang memberikan kemampuan traksi yang cukup pada ban truk, van atau bus saat menjajal jalanan bersalju yang rentan slip melalui sistem kontol lewat aplikasi kendaraan.

Seperti dilansir Transport Engineer, pemasangan ATC dapat membantu pengemudi untuk mengontrol truk atau kendaraan dengan stabil agar tidak mengalami kecelakaan dari balik kemudi, hanya dengan menekan tombol pada dasbor untuk mengaktifkan rantai salju.

Rantai salju ini, biasanya diaktifkan ketika truk melesat dengan kecepatan 50 kmj keatas untuk meningkatkan gesekan yang menguatkan traksi pada titik permukaan jalan sehingga kemungkinan slip sangat kecil.

VBG Truck Equipment mengklaim rantai salju yang dikontrol melalui aplikasi ini mampu meningkatkan traksi langsung pada jalan hingga 30 persen yang mampu memberikan ruang yang untuk tapak ban.

Tinggalkan Balasan