Sejarah Perjalanan “Mobil Sejuta Umat” Toyota

Avanza Veloz Merupakan Salah Satu Andalan MPV Toyota

Grand New AvanzaJakarta, MobilKomersial.com – Kehadiran Avanza pertama kali mendebut pada 11 Desember 2003, ditawarkan dengan dua pilihan model yaitu 1.3 G (5 MT) dan 1.3 E (5 MT). Selang setahun kemudian, Avanza dengan transmisi otomatis diluncurkan. Di waktu yang bersamaan, Toyota juga melengkapi line up Avanza dengan menghadirkan tipe 1.3 S A/T dan diposisikan sebagai flagship.

Lalu pada Juli 2006, Avanza kembali mengalami penyegaran dimana seluruh tipenya dibekali dengan mesin VVT-i. Selain itu, terdapat pula perubahan dalam segi eksterior dan interior yang tampil lebih trendy.

Masih di tahun yang sama pada Oktober, Toyota kembali memperkenalkan Toyota Avanza 1.5 S yang menggantikan posisi tipe 1.3 S. Hal tersebut membuat mobil keluarga 7 kursi ini jadi memiliki 2 pilihan tipe yaitu 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T, dengan mesin 3SZ-VE, 1.500 cc, 4-silinder VVT-i bertenaga maksimum 109 dk.

Akhir 2008, Avanza mengalami improvement dengan model atap yang bergelombang untuk mengurangi bidang yang terkena air saat hujan. Pada sisi interior, beberapa peningkatan juga dilakukan sehingga tampilannya menjadi lebih elegan.

Pada September 2009 produsen kembali melengkap varian 1.3 G dengan transmisi transmisi otomatis 4-speed. Tidak hanya itu di Mei 2010 girboks bertransmisi otomatis juga hadir untuk model E. Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat Indonesia pada akhir 2011, Avanza generasi kedua diluncurkan dan mulai dipasarkan pada awal 2012.

Toyota Avanza generasi kedua ini hadir dengan desain yang semakin dewasa, dinamis, dan elegan. Tersedia mulai 1.3 E dan 1.3 G bertransmisi manual dan otomatis, 1.5 G manual, dan Veloz yang merupakan tipe teratas serta bertampang sporty.

Pada Mei 2013 lalu, Avanza generasi kedua kembali hadir dengan beberapa peningkatan dalam segi keamanan dan kenyamanan salah satunya dengan hadirnya Dual Airbags di semua grade. Selama perjalanannya, mobil sejuta ummat itu tidak saja menorehkan banyak prestasi gemilang tetapi kinerja ekspor yang disumbangkan Avanza menggambarkan produk tersebut dipercaya tidak hanya di industri otomotif nasional, tapi juga mancanegara.

Hingga saat ini, Avanza sudah dipasarkan ke 27 negara yang tersebar di dunia.

Sumber: toyota.astra.co.id

Hits: 19

Tinggalkan Balasan