image-mobkom-NHTSA Minta Jawaban Takata Terkait Airbag

Toyota Stop Gunakan Airbag Takata

Berita Terkini Mancanegara

image-mobkom-Takata Siap Disalib Autoliv Asal Swedia, Terkait Masalah AirbagTokyo, MobilKomersial.com –  Toyota telah mengkonfirmasi untuk berhenti menggunakan inflators airbag yang diproduksi oleh Takata, setelah akumulasi kesalahan yang berkaitan dengan masalah airbag itu berbuah denda puluhan juta dolar.

Seperti dilansir Leftlane, pengakuan Takata soal bahan baku amonium nitran yang aman untuk inflator airbag, ternyata oleh otoritas keselamatan NHTSA yang berbasis di Amerika menduga hal itu berbahaya karena mengandung bahan kimia konvensional.

Dari keterangan NHTSA, Wafer amonium nitrat yang digunakan dalam inflator diyakini rentan terhadap degradasi dari waktu ke waktu, terutama di daerah dengan kelembaban mutlak tinggi. Propelan bisa meledak dengan kekuatan yang cukup kuat dan sangat berbahaya bagi penumpang.

Posisi Takata saat ini terjepit karena banyak brand besar menunggunya untuk membuktikan kesalahan statement NHTSA jika benar maka mereka akan meninggalkannya. Mazda dan Honda adalah brand pertama yang mengkonfirmasi rencana untuk mulai mencari sumber-sumber baru untuk inflators.

Akio Toyoda, President Toyota mengatakan sejalan dengan penyelidikan NHTSA, Toyota tidak lagi menggunakan inflator airbag Takata yang mengandung amonium Nitrat untuk semua kendaraan masa depannya.

Hits: 37

Tinggalkan Balasan