Scania K360 IB, Bus Laris Scania di Indonesia (Bagian II)

Berita Terkini Bus & Truk

Bus Scania K360 IBJakarta, MobilKomersial.com – Sebagai bus laris yang dipasarkan di Indonesia sejak 2012 oleh PT United Tractors Tbk, agen tunggal pemegang merk kendaraan Scania di Indonesia, bus Scania K360IB 4×2 juga dilengkapi dengan beragam fitur keamanan yang mumpuni. Inilah yang membuat bus ini terasa banget citarasanya sebagai bus khas Eropa yang sangat mengedepankan aspek safety, baik dari sisi pengemudian (driver), maupun bagi penumpang.

Fitur-fitur tersebut antara lain, rem berteknologi EBS dan APS yang membuat pengereman menjadi sempurna serta menutup celah terjadinya kegagalan pengereman saat kondisi kritis di jalan atau biasa dikenal dengan istilah rem blong.

Mengantisipasi medan jalan yang licin (slippery), sistem pengereman bus Scania K360 IB 4×2 juga dilengkapi teknologi ABS (Antilock Braking System), yang mencegah roda bus terkunci saat rem diaktifkan, serta fitur kontrol traksi.

Saat bus harus menghadapi kemacetan di jalan sementara kondisi medan terjal dan menanjak, Scania K360 IB 4×2 juga dilengkapi dengan fitur Hill Hold. Dengan mengaktifkan fitur ini bus tercegah dari potensi merosot/mundur tanpa terkendali.

Bus Scania K360 IB 4×2 sudah mengadopsi standar emisi gas buang Euro3, membuat bus ini sangat ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia saat ini baru memberlakukan standar emiai gas buang kendaraan di level Euro2.

Meski kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkannya sangat besar (13.000 cc dengan 360 horse power), Scania K360 IB diklaim cukup irit dalam konsumsi bahan bakarnya. Ini karena sistem pembakarannya dikendalikan oleh perangkat elektronis Engine Management System (EMS). Hadirnya EMS membuat pembakaran bahan bakar lebih sempurna dan menghasilkan tenaga maksimum di putaran mesin (rpm) rendah.

Sejumlah perusahaan otobus yang sudah mengoperasikan Scania K360 IB 4×2 di Indonesia antara lain, PO BGS Trans/Satria Muda Purwokerto, PO Siliwangi Antar Nusa (Jakarta), dan PO Harapan Jaya (Tulungagung).

 

Penulis: M. Arif

Hits: 698

Tinggalkan Balasan