ZF Luncurkan Transmisi Otomatis Ecolife dengan Start / Stop

Berita Terkini Bus & Truk Teknologi

ZF-EcoLife-automatic-transmission-start-stopBelgia, MobilKomersial.com – Perusahaan transmisi asal Jerman, ZF meluncurkan transmisi otomatis yang disebut Ecolife yang akan langsung berhubungan dengan start/stop untuk truk diesel on-road.

Dilansir Transport Engineer, peluncuran ini cukup menyita perhatian karena dilakukan pada pameran Busworld di Belgia, yang menghadirkan berbagai teknologi baru yang akan merubah pola pengembangan truk konvensianal.

Menurut pihak ZF, pengembangan transmisi Ecolife ini sangat mengesankan karena mampu menghemat bahan bakar hingga hingga 10% dibandingkan transmisi diesel konvensional yang digunakan kebanyakan truk saat ini.

Transmisi ini menngunakan motor listrik tambahan yang diperlukan dalam driveline untuk start / stop sehingga mengurangi kebutuhan energi untuk suplay energi pada saat kendaran mulai dihidupkan.

Tim desain engineering ZF mengklaim bahwa sistem start / stop dirancang untuk menuntut aplikasi bus kota dan persyaratan torsi mesin yang mencapai 1,000-1,600Nm. Saat beroperasi, secara otomatis mesin akan mati saat kendaraan berhenti dalam durasi tertentu dan bergerak setelah pedal gas ditekan.

Tim mengatakan juga telah memperkuat converter dan lock-up clutch dalam transmisi yang meningkatkan torsi hingga 2.300 Nm karena kekuatan yang didapat dari dua motor listrik

Hits: 78