Truk Ini Punya 24 Roda dan Pakai Mesin Pesawat

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Moskow, MobilKomersial.com – Russia sangat terkenal dengan kekuatan militernya. Dahulu dunia pernah berguncang karena Negeri Beruang Merah ini mempunyai senjata mematikan, yaitu rudak balistik RT-23. Namun pernahkan Anda berpikir bagaimana mengangkut senjata yang memiliki berat sekitar 100 ton tersebut?

Jawabannya ialah dengan menggunakan sebuah truk. Perusahaan otomotif asal Russia, Minsk Automotive Plant yang dikenal sebagai MZKT membuat sebuah truk khusus untuk mengangkut rudal yang mempunyai 10 hulu ledak ini.
Pada tahun 1985 MZKT berhasil membangun dua buah truk yang diberi nama MAZ-7907. Truk yang memiliki panjang 28,1 meter dan lebar 4,1 meter ini disinyalir mampu untuk mengangkut beban hingga 150 ton dan sanggup mengatasi jalan kasar.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

MAZ-7907 ini dilengkapi dengan suspensi panjang serta memiliki tenaga yang mencapai 1.250 daya kuda. Yang membuat Anda terpana ialah mesin MAZ-7907 ini menggunakan dua mesin turbin gas layaknya pesawat terbang, wow.

Selain itu truk ini memiliki 24 roda yang masing-masing rodanya ditanami 24 motor listrik. Sama seperti forklift, rodanya bisa berubah dengan serentak (gerakan crabbing) atau asynchronous (empat sumbu dalam satu arah dan sebaliknya).

Pada masanya, selain mengangkut rudal, truk yang dapat berjalan sejauh 20 kilometer per jam ini pernah “menggendong” kapal laut dari sungai Berezina ke danau Narach di Belarus.

Mungkin karena kerjanya yang begitu keras, setelah itu truk mengalami kerusakan dan terpaksa ditarik kembali oleh pabrik.

Hits: 94

Tinggalkan Balasan