Gagahnya Truk Mercedes-Benz Actros 48 Ton untuk Bisnis Pertambangan

mercedes-benz actrosJakarta, MobilKomersial.com – Bisnis tambang boleh lesu akibat merosotnya harga komoditi ini di pasar dunia. Tapi, para pelaku industri tersebut tetap optimistis menatap tahun ini. Terbukti, para peserta tetap bergairah mengikuti pameran Indonesia Mining Expo (IME) 2015 yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, akhir pekan lalu, dengan menghadirkan line up lengkap produk peralatan tambang untuk menarik minat customer.

Mercedes-Benz misalnya, di ajang ini menampilkan tidak kurang tiga truk untuk angkutan mining dan satu truk pemadam kebakaran seri Actros. Satu diantaranya adalah dumptruck Actros 4043, untuk memenuhi kebutuhan angkutan tambang dan konstruksi di kelas 26-48 ton.

Truk ini dipasarkan tiga varian. Yakni, Actros Rigid/Tipper 6×4 dan 6×6, Actros Tipper 8×4 dan Actros tractor head 6×4. Varian Tipper dan Rigid menggunakan mesin OM 501 LA berkapasitas 11.946 cc berkonfigurasi V6. Sementara, varian Actros tractor head menggunakan mesin OM 502 LA berkapasitas 15.928 berkonfigurasi V8.

Menurut salah seorang staf penjualan di lokasi pameran, truk-truk ini dipasarkan dalam kondisi tanpa bak/dump/trailer gandengan. Namun, pihak Mercedes-Benz akan memberikan support berikut rekomendasi, di karoseri mana komponen tersebut bisa dipesan.

“Karena ada kriteria seperti kualitas material yang harus memenuhi kualifikasi dan standard yang ditentukan Mercedes-Benz,” ungkap staf tersebut.

Truk seri Actros ini dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan Mercedes-Benz seperti Telligent-gearshift yang bekerja secara elektronis melalui sensor unit yang terpasang di bawah kursi pengemudi.

Piranti ini menghilangkan mekanisme koneksi mekanikal atau hidrolik antara selector lever dengan gearbox seperti biasa ditemui pada truk konvensional.

Struktur kabin Actros juga dirancang menggunakan material steel untuk pemakaian jangka panjang dan telah lolos berbagai pengujian. Kabin ini juga dilengkapi dengan fitur jungkit untuk memudahkan tenaga mekanik mengakses ke kompartemen mesin saat perlu dilakukan perawatan rutin.

Truk ini juga dilengkapi dengan audio peringatan saat truk dikemudikan mundur untuk mencegah orang yang berada di belakang truk tertabrak atau celaka. Perangkat yang dipasang di lampu belakang ini akan langsung aktif begitu gigi transmisi mundur pada truk Actros ini diaktifkan.

Untuk mendukung kenyamanan pengemudi dalam bekerja, kabin Actros ini juga dilengkapi dengan fitur radio komunikasi, pendingin udara (AC), aneka tempat penyimpanan barang kecil dan besar, electric windows dan central lock sebagai perlengkapan standar.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 2268

Tinggalkan Balasan