image-mobkom-Industri Otomotif Mulai Jadi Andalan Ekspor Indonesia

Ekspor Toyota Terus Merangkak Naik

image-mobkom-Industri Otomotif Mulai Jadi Andalan Ekspor Indonesia
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil menunjukan tren positifnya. Dalam periode januari hingga Agustus 2015, TMMIN mengekspor 122.000 unit mobil secara utuh (CBU).

Perolehan angka ekspor tersebut memberikan pencapaian terbaik jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dimana angka ekspor Toyota dalam periode januari hingga Agustus 2014 berada di angka 97.000 unit, atau meningkat 25 persen.

Pencapaian dalam delapan bulan pertama tahun ini juga membuat langkah Toyota kian mudah. karena tahun ini PT TMMIN menargetkan ekspor kendaraan Toyota ke berbagai negara sejumlah 175.000 unit. Dengan perolehan yang sudah mencapai 70 persen dari target awal, bukan tak mungkin dengan sisa waktu 4 bulan terakhir, ekspor TMMIN tahun ini akan melampaui target.

“Hingga saat ini kinerja ekspor kami sesuai dengan rencana. kami harapkan dalam empat bulan ke depan peforma ini bisa terjaga,” ujar Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, I Made Dana Tangkas.

Toyota Fortuner mencatatkan diri sebagai penyumbang angka terbesar pada ekspor Januari-Agustus dengan capaian sebesar 34.000 unit. Toyota Vios dan Kijang Innova mengekor dibelakang Fortuner dengan raihan ekspor masing-masing sebesar 33.000 dan 12.000 unit.

Selain ketiga model di atas, Toyota Town, Agya, Rush, Ace/Town Lite, dan Toyota Yaris juga banyak diminati oleh konsumen mancanegara. Total jumlah model diatas yang berhasil diekspor sebanyak 43.000 unit.

TMMIN ternyata tidak hanya mengekspor mobil utuh saja, tetapi TMMIN juga mengekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD) dan mesin berbahan bakar bensin. Jumlah keduanya masing-masing mencapai 29.000 unit.

Mesin berbahan bakar ethanol juga berhasil diekspor TMMIN ke berbagai negara dengan jumlah sebanyak 7 ribu unit. Pada bagian ekspor komponen kendaraan, TMMIN mengekspor 39 juta buah komponen.
“Tercatat 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika menjadi tujuan ekspor Toyota Indonesia,” pungkas Made.

Tinggalkan Balasan