Bedah Bus Medium Tata LP 731 (Bagian 2)

Berita Terkini Bus & Truk

Sasis Lebih Panjang dari FE 84, Lebih Pendek dari NQR 71

bus tata motors LP 713Jakarta, MobilKomersial.com – Dilihat dari dimensi panjang bodinya, bus medium Tata LP 731 dari Tata Motors memiliki panjang total sasis 7.125 milimeter. Memang bukan yang terpanjang di kelasnya.

Ini lantara salah satu pesaingnya sesama bus medium, sebut saja Isuzu NQR 71, memiliki dimensi panjang sasis 7.445 milimeter. Itu artinya, NQR 71 bisa memgangkut penumpang lebih banyak dibanding LP 731.

Brosur yang kami dapatkan dari PT Astra Isuzu Motor Indonesia menyebutkan, dengan konfigurasi full, NQR 731 mampu membawa penumpang hingga sekitar 35 orang. Dibandingkan dengan Mitsubishi Fuso FE 84 136 PS, Tata LP 731 lebih unggul dari dimensi panjang sasisnya. Mitsubishi Fuso FE 86 136 PS memiliki panjang sasis 6.980 milimeter.

Dari aspek kenyamanan pengemudi, bus Tata LP 731 sudah cukup memadai lantaran sistem kemudinya telah dilengkapi dengan power steering. Sistem suspensinya mengadopsi teknologi suspensi per daun semi eliptik di roda depan dan belakang dengan tambahan anti-roll bar pada roda depan dan belakang.tata motors LP 713

Untuk sistem pengeremannya, Tata LP 731 menggunakan rem sirkuit ganda dengan full air S-cam pada service brake-nya dan spring actuated parking brake pada roda belakang untuk rem parkirnya. Bus ini juga masih dilengkapi dengan engine exhaust brake yang digabungkan dengan service brake dengan tipe drum brake pada roda depan dan belakang.

Sejak pertama diperkenalkan sekitar dua tahun lalu, sambutan konsumen di Indonesia terhadap bus Tata LP 731 sudah terlihat. Biswadev Sengupta, Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), agen tunggal pemegang merk Tata Motors di Indonesia dalam perbincangan dengan awak media September lalu mengatakan, bus ini antara lain mulai dioperasikan untuk angkutan Kopaja di Jakarta.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 183

Tinggalkan Balasan