Tekanan Ban Pengaruhi Kenyamanan Berkendara

Mobkom-Image-Michelin Penuhi Kebutuhan Ban Kendaraan Komersial
Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Tekanan ban sangat penting bagi kendaraan, apalagi bila bicara soal kendaraan komersial yang selalu berkaitan dengan muatan berat dengan rute perjalanan yang panjang.

Sesui dengan MICHELIN Truck Bus Tyre Service Manual sebagai dasar tekanan untuk penggunaan umum ban kendaraan, tekanan berlebih pada ban berakibat buruk bagi kenyamanan kendaraan saat melaju.

Hal ini disebabkan cengkraman ban pada badan jalan tidak maksimal. Untuk itu pemilik kendaraan dianjurkan untuk mengikuti petunjuk yang telah ditentukan produsen ban.

Kosekuensi dari penggunaan ban dengan tekanan inflasi yang tidak memadai, tidak dapat langsung terlihat tetapi baru bisa terlihat setelah kendaraan dioperasikan. Tekanan dari inflasi harus diperiksa secara terartur setiap kali kendaraan kembali ke garasi menggunakan pengukur tekanan yang akurat dan secara teratur diperiksa indikator tekanannya.

Sesuai MICHELIN Truck Bus Tyre Service Manual untuk prosedur pemeriksaan tekanan inflasi menyebutkan ketinggian dapat memberikan sedikit efek pada tekanan udara. Setiap kenaikan 300 meter pada ketinggian diatas air laut, tekanan udara akan meningkat kurang lebih 0.5 psi, dan hal ini yang perlu disesuaikan saat memeriksa tekanan ban.

Hits: 21

Tinggalkan Balasan