Indoprima Makin Eksis Jadi Pemasok Komponen Suspensi ke APM

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Industri kendaraan bermotor roda empat di Indonesia bisa terus tumbuh berkat dukungan industri penunjang. Antara lain dari industri pemasok suku cadang. Salah satu industri pemasok suku cadang yang tetap eksis sampai sekarang adalah PT Indoprima, grup usaha PT Indospring, yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur.

Perusahaaan ini memasok suku cadang ke hampir semua brand kendaraan roda empat di Tanah Air, sebagai pemasok komponen OEM (original equipment manufacturer). Komponen suku cadang OEM Indoprima antara lain memasok untuk kendaraan Hino, Mitsubishi, Isuzu, Nissan dan Mercede-Benz.

Salah satu komponen yang diproduksi adalah per daun parabolic (parabolic leaf spring). Ciri khas per ini adalah bagian kedua ujung setiap bilah per dirancang pipih.

“Per jenis ini banyak diaplikasikan pada sejumlah kendaraan komersial heavy duty seperti Hino, Isuzu dan Mitsubishi,” ungkap M Vira Effendi, Marketing PT Indoprima, yang kami temui di sela pameran otomotif di Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Manfaat suspensi per daun yang dirancang seperti demikian, menurut Effendi, adalah bantingan per menjadi lebih lembut tanpa mengurangi kekuatannya menahan beban atau muatan berat.

Suspensi per daun parabolic ini antara lain dipasok untuk suspensi truk Isuzu Giga series, Isuzu Elf, Hino Ranger series dan Mitsubishi Fuso. Effendi menambahkan, pihaknya juga sempat memasok per jenis ini ke PT Korindo di Balaraja, Serang, Banten, yang merakit dan memproduksi truk Hyundai yang dipasarkan di Indonesia.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 325

Tinggalkan Balasan