Dengan Rp 450 Juta, Anda Bisa Bawa Pulang Bus Legacy Sky Karoseri Laksana

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Mungkin Anda penasaran, berapa sih harga satu unit sebuah bus besar? Jika Anda melakukan pemesanan di Karoseri Laksana, Ungaran, salah satu perusahaan karoseri bus ternama di Indonesia, Anda hanya perlu menyiapkan kocek sekitar Rp 450 juta.

Harga tersebut untuk menebus satu unit bus model Legacy Sky dengan fitur full option. Bambang Sutejo, dari kantor perwakilan Karoseri Laksana di Jakarta yang kami temui di sela acara Pameran Transportasi Indonesia 2015 di Gedung Smesco, Jakarta, baru-baru ini mengatakan, harga tersebut sudah mencakup bodi bus, seat, dan audio-video, fasilitas toilet. Namun tidak termasuk komponen AC dan sasis.

“Harga AC untuk bus besar merk Denso sekitar Rp 100 juta,” ujar Bambang.

Sebagai varian bus premium, Legacy hanya diaplikasikan pada sasis bus bermesin belakang. Bus model Legacy Sky bisa diaplikasikan pada sejumlah jenis sasis bus yang beredar dan dipasarkan oleh pabrikan bus di Indonesia seperti Mercedes-Benz, Hino, dan Scania.



Untuk Mercede-Benz, Legacy Sky bisa diaplikasikan pada varian sasis OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626 dan OH 1836. Untuk Hino, Legacy Sky bisa diaplikasikan pada sasis Hino RK 260, Hino RK 235 dan Hino RN 285. Sementara, untuk Scania, Legacy Sky antara lain bisa diaplikasikan pada platform Scania K360 IB.

Berdasar catatan kami, bus Legacy Sky merupakan salah satu varian bus besar paling laris dari Karoseri Laksana. Sejak pertama kali diperkenalkan ke pasar beberapa tahun lalu, varian ini langsung mendapat sambutan hangat kalangan operator bus di Tanah Air. Ini karena rancang desain eksterior dan interiornya yang elegan.

Legacy Sky yang beredar sekarang merupakan versi penyegaran dari Legacy sebelumnya. Dari aspek eksterior, perbedaan antara Legacy lama dan baru antara lain terlihat desain cowl depan dan belakang,  aplikasi lampu depan dan belakang, desain bumper, dan desain gril belakang (kisi-kisi udara).

Sejumlah operator bus antarkota antarprovinsi, bus malam dan bus pariwisata sudah banyak yang memesan dan mengoperasikan bus ini. Antara lain, PO Sinar Jaya (Jakarta), Po Agra Mas (Karawang), PO Pahala Kencana (Jakarta), PO Hiba Utama (Jakarta), PO Rosalia Indah (Solo), PO Raya (Wonogiro) PO Akas NR (Probolinggo), Damri (Jakarta) dan lain-lain.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 21042

4 thoughts on “Dengan Rp 450 Juta, Anda Bisa Bawa Pulang Bus Legacy Sky Karoseri Laksana

  1. Jadi untuk sasis kita harus menyediakan pribadi
    Seandainya kita beli body dengan sasisnya kisaran berapa harganya untuk legacy discoveri

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: