home Berita Terkini, Mobil Angkot Super Ace Sanggup Bawa Penumpang Lebih Banyak

Angkot Super Ace Sanggup Bawa Penumpang Lebih Banyak

Tata Super Ace aplikasi angkotJakarta, MobilKomersial.com – Persaingan pasar otomotif Indonesia di segmen kendaraan niaga ringan sejak dua tahun terakhir semakin riuh dengan masuknya pemain baru asal India, Tata Motors, yang ikut menggarap ceruk pasar ini dengan meluncurkan pick up Tata Super Ace varian angkutan kota (angkot).

Super Ace versi angkot ikut terjun ke arena bertempur dengan kendaraan komersial ringan lainnya di aplikasi angkot seperti Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Suzuki Futura, dan Mitsubishi T120 SS. Namun, semua kompetitor yang sudah lebih dulu menggarap pasar tersebut seluruhnya bermesin bensin dengan rentang kapasitas silinder mesin antara 1.300-1500 cc. Super Ace angkot sendiri menggunakan mesin diesel 1.400 cc. Satu-satunya pesaing sesama angkot bermesin diesel adalah Isuzu Panther aplikasi angkot.

Selain mesinnya yang diesel, kelebihan lain yang ditawarkan Super Ace varian angkot ini adalah sasisnya yang panjang. Sasis yang panjang memungkinkan Super Ace memiliki kabin yang juga lebih panjang. Itu artinya, mampu mengangkut penumpang lebih banyak.

Data spesifikasi Super Ace varian angkot yang kami peroleh dari PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), agen tunggal Tata Motors di Indonesia menyebutkan, kendaraan ini memiliki wheelbase 2,380 meter dengan total panjang 4,680 meter (dengan bodi karoseri), dan lebar (width) 1,565 meter.

Di kelasnya, angkot ini memang memiliki sasis lebih panjang dibanding kompetitor. TMDI pernah memamerkan Super Ace aplikasi angkot ini di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 dan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung bulan September 2015.

Tak berbeda dengan versi pick up-nya, Super Ace aplikasi angkot ini juga dibekali mesin Tata 475 IDI TCIC berkapasitas 1405 cc yang sudah dilengkapi dengan turbocharged intercooler. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 70 horsepower pada 4500 rpm (52 kW) dan torsi maksimum 135 Nm pada 2500 rpm.

Di kawasan Jabodetabek, Super Ace aplikasi angkot ini antara lain sudah dioperasikan oleh pengusaha angkot di trayek Kebayoran Lama-Ciputat PP.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan