Agar Hasil Akurat, Program Ecopia Go Indonesia Gunakan Alat Ukur Berstandar Internasional

Berita Terkini

Ecopia Go IndonesiaTanah Datar, MobilKomersial.com – Di program Ecopia Go Indonesia season 2, PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI), ban Ecopia EP 150 diadu dengan dua ban sejenis dari dua merk kompetitor berbeda, dengan melewati perjalanan sejauh 1.623 kilometer, dengan start awal di Istana Basa Pagaruyung, di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, melintasi kota Jambi, Palembang, Lampung, Serang, dan finish di Proving Ground PT BSI di Karawang, Jawa Barat. Perjalanan memakan waktu 12 hari mulai Selasa (8/9/2015).

Pengujian menggunakan tiga mobil dari tipe dan brand yang sama, yakni Toyota Avanza produksi tahun 2014. Masing-masing mobil menggunakan dua driver, satu diantaranya sebagai driver pengganti.

Herry Maylanda, Training Manager PT BSI mengatakan, banyak aspek yang dimonitor selama perjalanan pada program ini. Yakni, konsumsi bahan bakar, tekanan angin pada ban serta jarak tempuh dan kecepatan kendaraan. Untuk memonitornya, BSI menggunakan alat ukur berstandar international, antara lain aplikasi GPS Tracker untuk mencatat jarak tempuh dan kecepatan kendaraan, serta botol ukur untuk mengetahui tingkat konsumsi bahan bakar masing-masing mobil, agar hasilnya akurat.

Pada hasil pengujian di program setups, Ecopia Go Indonesia season 1 tahun 2014 menempuh jarak sekitar 1.600 kilometer dengan rute start dari Proving Ground BSI di Karawang, Bandung, Purwokerto, Jogjakarta, Madiun, Surabaya, Semarang, Cirebon dan finish di Proving Ground BSI Karawang, ban Ecopia EP 150 mencatat penghematan konsumsi bahan bakar sebanyak 14 liter dibanding dua ban kompetitor.

Menurut Herry, hal tersebut dikarenakan Ecopia EP 150 memiliki desain dan konstruksi ban yang mampu mengurangi hambatan gulir (rolling resistance), sehingga membantu penghematan konsumsi bahan bakar. Meski demikian, ban ini memiliki pengendalian yang baik pada kondisi jalan kering maupun basah, kontrol pengereman yang tetap baik dengan tingkat kebisingan yang juga rendah.

 

Penulis: M. Arif

Hits: 12

Tinggalkan Balasan