image-mobkom-Merawat Pintu Geser pada Mobil

Merawat Pintu Geser pada Mobil

Berita Terkini Tips
image-mobkom-Merawat Pintu Geser pada Mobil
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Mobil yang menggunakan  sliding door (pintu geser), membutuhkan perawatan khusus karena sering mengalami kemacetan pada sirkuit rel seret, karena berbagai masalah seperti tersumbat, atau kendor.

Perawatan mobil dengan pintu geser ini bisa dimulai dari mekanisme pergerakan pintunya. Perhatikan kondisi rel dan bantalan (bearing) pintu karena kedua peranti ini yang sering aus dan menjadi sumber macetnya pergeseran pintu.

Berikut cara merawat sliding door agar tidak mengalami kacetan saat buka atau tutup.

– Olesi rel dan bantalan pintu dengan pelumas secara rutin. Keringnya pelumas pada peranti ini biasanya ditandai dengan bunyi gesekan atau pergeseran pintu yang memberat.

– Bila melumasi dengan menggunakan gemuk (grease), perhatikan dosis yang dipakai karena apabila terlalu banyak menggunakan gemuk (grease) akan mengakibatkan debu dan kotoran mudah menempel.

– Karet pintu yang sobek bisa membuat pintu geser tak nyaman. Kerusakan pada karet pintu ini biasanya oleh cuaca (panas/hujan) dalam waktu panjang.

– Jangan membuka pintu terlalu lama karena dapat membuat karet terbuka lebar sehingga debu rawan menempel pada mekanisme pintu geser.

– Tidak perlu membanting saat menutup pintu geser karena pintu geser manual sudah dirancang agar mudah menutup setelah handle diterik.

Hits: 141

Tinggalkan Balasan