home Berita Terkini, Tips Tips Membeli Mobil Bekas Bertransmisi Matik

Tips Membeli Mobil Bekas Bertransmisi Matik

image-mobkom-Tips Membeli Mobil Bekas Bertransmisi Matik
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Pada dasarnya, mobil bertransmisi automatic memiliki harga jual lebih mahal ketimbang mobil dengan transmisi manual. Baik Anda membelinya dalam kondisi baru maupun bekas.

Namun jika Anda sudah kepincut pengin memiliki besutan matik, mesti lebih jeli sebelum membelinya terlebih kendaraan berstatus mobil bekas.

Pasalnya, mobil matik mempunyai tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan versi manual. Dan tak jarang, jika salah dalam memilih kendaraan seken, komponen mobil matik lebih sering rusak dibanding manual.

Berikut ini tips ketika hendak membeli mobil bekas bertransmisi matik.

  1. Sebaiknya pilih mobil matik berumur di atas lima tahun.
  2. Memeriksa komponen penting sistem transmisi matik, dimulai dari kebocoran dan pemeriksaan oli ATF-nya.
  3. Memeriksa bagian badan transmisi di bawah kolong mobil, serta mengecek kebocoran paking atau gasket transmisi yang biasa dilakukan dengan mendeteksi lelehan oli di badan transmisi.
  4. Mengecek volume oli melalui dipstick dalam kondisi dingin atau panas. Kekurangan oli ATF dapat menimbulkan kerusakan pada transmisi.
  5. Mendeteksi bunyi saat persneling dipindahkan ke posisi Drive (D). Jika mesin menderum keras tidak seperti umumnya, anda patut waspada.
  6. Memindahkan tuas ke posisi D sambil tetap menginjak pedal rem, dan rasakan serta dengar suaranya, dan anda dapat melepas secara perlahan pedal rem dan biarkan mobil melaju perlahan.
  7. Melakukan test drive, dan coba anda pindahkan tuas ke posisi R (mundur). Jika ada suara aneh seperti gemeretak, maka potensi kerusakan transmisi cukup besar.

Tinggalkan Balasan