home Berita Terkini, Tips Tips Atasi Pedal Kopling yang Terasa Berat

Tips Atasi Pedal Kopling yang Terasa Berat

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com –  Ingin berteriak sekencang mungkin rasanya jika dihadapkan dengan jalan yang macet, terlebih menggunakan transmisi manual. Kondisi semakin “sempurna” dengan tekanan pedal kopling yang terasa berat ketika diinjak.

Kalau sudah begitu, kaki kiri menjadi sangat pegal, terutama di persendian, seperti lutut dan pergelangan. Hal ini juga menjadi berbahaya dalam mengemudi, karena konsentrasi sedikit terkuras akibat rasa capek yang melanda.

Ternyata, ada beberapa penyebab yang mempengaruhi beratnya injakan kopling. Apa saja penyebabnya?

Penyebab utama tentunya cover clutch sudah usang, sehingga per penekan pelat kopling sudah mati. Jika dirasa dari hari ke hari makin terasa berat, bisa jadi kampas kopling sudah mulai haus.

Lalu, bagaimana solusinya agar pedal kopling tidak terlalu berat? Berikut MobilKomersial berikan tipsnya.

Bila sudah terasa berat, sebaiknya MobKomers sekalian mengganti satu set kopling. Memang, biaya yang keluar relatif cukup mahal, namun gejala tersebut dipastikan hilang.

Akan tetapi sebaiknya ketahui dahulu penyebabnya. Jika penyebabnya adalah kurangnya pelumasan, cukup semprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot pada fork kopling.

Selain mengatasi, mengantisipasi agar kopling tak berat juga cukup penting. Caranya dengan menggunakan kopling secara benar. Bagaimana caranya?

Selalu menggunakan gigi satu untuk start mobil, serta menetralkan tuas transmisi jika mobil sedang dalam keadaan berhenti. Tidak melakukan teknik setengah kopling saat menanjak juga dapat meminimalisir terjadinya berat pada pedal kopling anda.

 

Tinggalkan Balasan