home Berita Terkini, Bus & Truk Truk Volvo Ini Tantang Mobil Tercepat Dunia di Lintasan Balap

Truk Volvo Ini Tantang Mobil Tercepat Dunia di Lintasan Balap

FOTO: volvo
FOTO: volvo

Swedia, MobilKomersial.com – Truk Volvo FH yang berbobot delapan ton ini menantang salah satu mobil tercepat di dunia, Koenigsegg One:1 pada lintasan balap di Swedia. Adegan ini tersaji dalam film terbaru Volvo yang berjudul ‘Volvo vs Koenigsegg.

Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk melakukan tes pada gearbox I-Shift Dual Clutch milik Volvo bedasarkan teknik yang biasa digunakan pada mobil sport. Pada film ini, Volvo FH dihadapkan dengan Koenigsegg One:1, yang mempunyai kekuatan 1.360 daya kuda. Mobil ini pun, disinyalir menjadi mega car pertama yang ada di dunia.

“I-Shift Dual Clutch memiliki sebuah dual-clutch yang terbilang unik dalam pasar kendaraan kelas berat. Namun, teknologi serupa sudah terdapat pada mobil sport. Maka, ini merupakan tantangan yang sempurna,” ujar Jeff Bird, Press Director dari Volvo Truck.

Agar tantangan ini adil, Volvo FH dikendarai sepanjang satu lap, sedangkan Koenigsegg mengarungi dua lap sirkuit Knutstorp di Swedia Selatan. Sirkuit ini dikenal dengan lekukan tanjakan dan belokan yang tajam.

Kesamaan antara truk Volvo FH yang menggunakan I-Shift Dual Clutch dengan mobil sport termasuk kemudahan mengemudi yang dilengkapi dengan halusnya perpindahan gigi.

FOTO: volvo
FOTO: volvo

Hasilnya, sebelum balap dimulai truk ini diberikan waktu untuk melakukan tes kecepatan, dan berhasil mendapatkan waktu tercepat dengan 90 kilometer per jam. Dengan kekuatan 540 daya kuda yang dimilikinya, dan dilengkapi dengan I-Shift Dual Clutch, waktu tadi dapat ditembus menjadi kecepatan 130 kilometer per jam di atas perlintasan balap.

Pembalap berpengalaman, Tiff Needell, sosok yang berada di balik kemudi Volvo FH saat balapan tersebut mengaku belum pernah membalap dengan menggunakan truk. Setelah mencoba Volvo FH, ia pun kagum dengan performa kendaraan yang ia gunakan.

“Performanya sangat terasa pada jalan yang miring. Karena truk tidak terhambat dan bisa tetap berjalan dengan mulus tanpa merasakan perbedaan saat pergantian kopling,” pungkasnya.

FOTO: volvo
FOTO: volvo

Volvo FH sudah diluncurkan di Eropa sejak Juni 2014. Dengan kekuatan 460, 500 dan 540 daya kuda dan menggunakan mesin Euro 6 D13, truk ini tersedia di seluruh pasar Volvo FH.

One thought on “Truk Volvo Ini Tantang Mobil Tercepat Dunia di Lintasan Balap

Tinggalkan Balasan