home Bus & Truk Rahasia Truk Volvo FH Bersaing Ketat dengan Mobil Tercepat Dunia

Rahasia Truk Volvo FH Bersaing Ketat dengan Mobil Tercepat Dunia

FOTO: volvo
FOTO: volvo

Swedia, MobilKomersial.com – Baru-baru ini sebuah film pendek buatan Volvo menampilkan adu kecepatan antara truk Volvo FH dengan salah satu mobil tercepat di dunia, Koenigsegg One:1. Walaupun tak dapat membendung mobil dengan tenaga 1.360 daya kuda tersebut, tetapi Volvo FH sempat memberikan perlawanan.

Tantangan ini diselenggarakan di sirkuit Knutstrop, Swedia. Untuk memberikan tantangan yang lebih seru, Volvo FH harus berjalan selama satu lap, sedangkan Koenigsegg harus memutarinya sebanyak dua lap. Tujuan utama dari tantangan ini adalah untuk melakukan tes pada gearbox I-Shift Dual Clutch milik Volvo.

I-Shift Dual Clutch dapat dijabarkan saat dua gearbox terhubung secara paralel. Saat satu gigi dalam keadaan aktif di satu gearbox, gigi selanjutnya sudah siao di gearbox yang lainnya. Saat pergantian gigi, hanya satu clutch yang harus dilepas pada saat yang bersamaan ketika clutch lainnya masih terhubung. Hal ini menurut Volvo membuat penggantian gigi bisa dilakukan tanpa gangguan.

Gearbox terbaru ini memiliki 12 centimeter lebih panjang dibandingkan I-Shift yang standar, karena memiliki Clutch ganda. I-Shift Dual Clutch tersedia sebagai pelengkap terhadap I-Shift dan gearbox yang manual.

Tiff Needell, pembalap yang mengemudikan truk Volvo FH dalam tantangan tersebut belum pernah membalap dengan menggunakan truk sebelumnya. Akan tetapi ia mengaku kagum akan performa kendaraan yang ia gunakan.

“I-Shift Dual Clutch sangat menakjubkan. Performanya sangat terasa pada jalan miring, karena truk tidak terhambat dan bisa tetap berjalan dengan mulus tanpa merasakan perbedaan saat pergantian kopling,” akunya.

 

Tinggalkan Balasan