home Berita Terkini, Motor Menekan Pertumbuhan Roda Dua Jadi Alasan Pembatasan Sepeda Motor yang Melintasi Bundaran HI-Medan Merdeka Barat

Menekan Pertumbuhan Roda Dua Jadi Alasan Pembatasan Sepeda Motor yang Melintasi Bundaran HI-Medan Merdeka Barat

mobkom-image-penerapan-zona-larangan-motor-tunggu-jumlah-bus-tingkat-memadai
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memulai pembatasan sepeda motor yang melintas mulai dari Bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat.

Kebijakan ini tentunya dilakukan bedasarkan beberapa pertimbangan. Salah satunya untuk mengurangi pertumbuhan sepeda motor, yang notabene menjadi transportasi andalan warga Jakarta dan sekitarnya.

Jakarta disebut-sebut sebagai pangsa pasar kendaraan terbesar di Indonesia, dengan roda dua di Jakarta berada pada angka 15,92 persen dan roda empat sebanyak 30,9 persen.

Dari data yang didapat dari Polda Metro Jaya, dalam lima tahun terakhir pertumbuhan sepeda motor di Jabodetabek hampir mencapai 200 persen. Tahun 2013, Polda Metro jaya mengeluarkan data populasi sepeda motor di Jabodetabek mencapai 74,35 persen, sementara itu untuk kendaraan roda empat hanya 19 persen.

“Sepeda motor sekarang sudah ada 11 juta di seluruh Jakarta. Tingkat pertumbuhannya sangat tinggi,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto.

Mulai Desember mendatang, secara teknis jumlah sepeda motor yang melintas di sepanjang jalan tersebut akan dibatasi. Selanjutnya, sepeda motor tidak diperbolehkan sama sekali untuk melintas di sepanjang Bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat.

Sebagai gantinya, Pemprov DKI akan menyediakan bus tingkat geratis untuk pengguna sepeda motor, yang diminta memarkirkan kendaraannya di kawasan itu. Nantinya bus tingkat itu akan melewati sepanjang jalan dari Bundaran HI hingga Harmoni.

Tinggalkan Balasan