home Berita Terkini Toyota Berbagi Mobil Listrik di Perancis

Toyota Berbagi Mobil Listrik di Perancis

image-mobkom-Toyota Berbagi Mobil Listrik di Perancis
Foto : Toyota

Perancis, MobilKomersial.com – Toyota telah meluncurkan program berbagi mobil listrik di Grenoble, sebuah kota menengah yang terletak di kaki Pegunungan Alpen, Prancis. Program ini terselenggara atas kerjasama dengan pejabat kota setempat dan perusahaan listrik Perancis.

Produsen mobil asal Jepang ini, telah menempatkan 70 kendaraan listrik di jalan-jalan Grenoble. Mobil ini memiliki dua varian yakni 35 i-ROADs, dengan kapasitas dua penumpang. Jika dilihat sekilas, mobil listrik  ini mirip angkutan umum, bajaj, berkapasitas satu penumpang yang ditopang oleh empat roda.

Mobil ini akan digunakan untuk perjalanan singkat mengelilingi kota tenang itu. Warga akan dapat menggunakan aplikasi smartphone untuk memesan mobil itu dengan tujuan tertentu.

Tarif peminjaman dimulai dari 6 dollar AS selama satu jam berkeliling kota, sementara untuk peminjaman empat jam dikenakan biaya sekitar 22 dollar AS. Pemesan langsung dijemput dan turun di salah satu dari 27 stasiun yang tersebar di seluruh kota.

Seperti dilansir Leftlane, Program berbagi mobil listrik di Grenoble awalnya akan berjalan selama tiga tahun. Jika berhasil, perjanjian kerjasama akan diperbarui dan dapat diperluas ke kota-kota besar lainnya di Perancis atau di tempat lain di Eropa.

Toyota antusias mendukung program berbagi mobil karena eksekutif kedua pihak percaya bahwa mereka dapat meningkatkan hubungan saling menguntungkan dari kerjasama mobil listrik ini, dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan