home Berita Terkini Soal Kenaikan Biaya Pembuatan SIM, Polisi Tunggu DPR

Soal Kenaikan Biaya Pembuatan SIM, Polisi Tunggu DPR

image-mobkom-Soal Kenaikan Biaya Pembuatan SIM, Polisi Tunggu DPR
Foto : Zico Priharseno

Jakarta, MobilKomersial.com – Rencana pemerintah untuk menaikan tarif pembuatan surat izin mengemudi (SIM) belum menemui titik terang. Pihak kepolisian masih menunggu keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPR untuk dapat merealisasikan kebijakan tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menjelaskan, kepolisian tidak dapat serta merta menaikan tarif pembuatan SIM, karena harus berkoordinasi dengan Banggar DPR, sebagai pemegang keputusan kenaikan tarif SIM.

“Belum ada keputusan baik waktu dan nilainya (dari Banggar DPR),” terangnya, Rabu (8/10).

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, untuk pembuatan SIM baru dikenakan biaya sebesar Rp 150.000 untuk SIM C. Sementara untuk pembuatan SIM A dikenakan biaya sebesar Rp 170.000.

Jika benar terjadi kenaikan biaya pembuatan SIM, diharapkan ada perbaikan pelayanan dengan mutu yang baik. Jangan sampai masyarakat dibuat kecewa lantaran kenaikan biaya pembuatan SIM, tapi tetap kesulitan mendapat akses.

“Ya harus kita lihat dulu, harus transparan. Mengapa (tarif pembuatan SIM) naik. Pasti, kan ada perbaikan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Restu Mulya Budiyanto.

Sebelumnya pemerintah berencana akan menaikan tarif pembuatan SIM pada tahun depan. Hal ini dilakukan untuk menggenjot penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Dari kabar yang beredar, tarif pembuatan SIM akan dinaikan menjadi Rp 300.000.

Tinggalkan Balasan