home Berita Terkini Perang Diskon untuk Merebut Pasar MPV

Perang Diskon untuk Merebut Pasar MPV

image-mobkom-Mobilio Sumbang 70 Persen pada Penjualan Honda
Foto: Dok MobilKomersial.com

Jakarta, MobilKomersial.com – Honda Mobilio diklaim sebagai penyebab pecahnya “pertempuran” dengan Toyota dan Daihatsu untuk merebut pangsa pasar segmen MPV. Perang diskon pun dimulai untuk kembali merebut pangsa pasar yang sudah hampir dikuasai Honda.

Saat ini harga Toyota Avanza sedang diskon 10 persen, atau 1.250 sampai 1.330 dollar AS, setara dengan 15 juta hingga 16 juta rupiah, naik sekitar 50 persen dari diskon yang diberikan tahun lalu.

Hal senada juga dilakukan oleh Daihatsu Xenia, yang telah memperlihatkan penurunan sepertiga penjualan sepanjang tahun ini.

“Diskon tahun lalu lebih rendah. Tapi secara logis, jika sedang dalam kompetisi, kita harus mengambil beberapa langkah,” kata salah satu orang di diler Toyota di Jakarta, seperti yang dilansir Reuters.

Salah seorang senior eksekutif Daihatsu di Osaka, Jepang mengatakan, “tak ada yang mau membeli Xenia.” Saat ini mobil Daihatsu dijual di Indonesia dengan harga termurah sekitar 6.500 dollar AS, atau sekitar 78 juta rupiah.

“Jika Suzuki menjual mobil seperti Alto di Indonesia, kami akan mati,” sambungnya.

Saat ini Suzuki sendiri menjual model hatchback Alto di India, sebagai salah satu pasar utamanya. mobil ini dijual dengan harga termurah sebesar 4.500 dollar AS, setara dengan 54 juta rupiah.

Seorang analis dari Advanced Research Japan, Koji Endo menganggap Toyota dan Daihatsu perlu memperkenalkan beberapa model mobil yang lebih murah daripada Honda, jika mereka ingin melindungi pangsa pasar mereka.

Koji beranggapan, Toyota dan Daihatsu sulit untuk menjaga 50 persen pangsa pasar segmen MPV di Indonesia. Menurutnya, dalam lima tahun kedepan pangsa pasar Toyota dan Daihatsu akan turun menjadi 45 atau mungkin 40 persen.

Indonesia sendiri memberikan kontribusi sekitar 17 persen dari penjualan global Daihatsu pada kuartal pertama tahun ini.

Sementara itu Honda menanggapi dingin. Jonfis Fandy, direktur pemasaran PT. Honda Prospect Motor mengatakan, popularitas Mobilio sangat kuat pada desain eksterior, power to fuel dan kelengkapan keselamatan.

Tinggalkan Balasan