home Berita Terkini Penjualan Menurun, Honda Yakin Hatcback Tetap Beri Kontribusi

Penjualan Menurun, Honda Yakin Hatcback Tetap Beri Kontribusi

image-mobkom-Penjualan Menurun, Honda Yakin Hatcback Tetap Beri Kontribusi
Foto : Dok.MobilKomersial.com

Jakarta, MobilKomersial.com – Pasar domestik untuk segmen mobil hatchback menunjukan kecenderungan positif, meski penjualannya mengalami pasang surut akibat beberapa peristiwa politik dan kelesuan pada libur Lebaran 2014.

Menurut Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo, trend positif yang ditunjukan mobil penumpang 4×2 dan hatchback, dengan kisaran harga dibawah Rp 200 juta, ke depan akan semakin mencengkram pasar.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat periode Januari-Agustus 2014, penjualan total segmen hatchback hanya mencapai 36.911 unit, sedikit menurun dibanding periode yang sama di tahun lalu, dengan catatan angka penjualan mencapai 48.323 unit.

Meski demikian, Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), menganggap kontribusi hatchback pada total penjualan otomotif tetap bertahan diposisi tahun lalu. Dalam catatan Honda, pada periode Januari hingga September 2014, penjualan Jazz mencapai 16.006 unit, dan diprediksi akan menembus angka 20.000 unit hingga akhir tahun.

Kecenderungan ini, kata Jonfis, mengisyaratkan hatchback masih memiliki sumbangsi sekitar 5 persen untuk total penjualan nasional. Untuk itu saat ini, Honda terus menggenjot penjualan Jazz agar bisa mencapai 30 persen, karena sampai saat ini Jazz masih menjadi market leader dikelas hatchback.

Untuk Jazz, Gaikindo mencatat, periode Januari-Agustus 2014, ditataran wholesales terjual 12.866 unit. Jumlah tersebut membuat Jazz menguasai 34 persen pangsa pasar segmen hatcback. Pada periode yang sama tahun lalu penjualan Jazz mencapai 20.833 unit. Jumlah tersebut setara 43 persen pangsa pasar dari total penjualan 48.323 unit di segmen hatchback.

Tinggalkan Balasan