home Berita Terkini Pajak Tinggi, Penjualan Sedan Terus Menurun

Pajak Tinggi, Penjualan Sedan Terus Menurun

image-mobkom-Pajak Tinggi, Penjualan Sedan Terus Menurun
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – Penjualan mobil disegmen sedan terus mengalami penurunan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memprediksi penjualan segmen sedan akan anjlok tahun ini.

Hal ini dapat dilihat dari penjualan periode Januari hingga September 2014 yang turun sekitar 35,37 persen dengan capaian 17.542 unit. Jika dibandingkan capaian penjualan tahun lalu, yang hingga akhir tahun membukukan 27.143 unit

Menilai kondisi ini, Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo mengatakan segmen sedan terus mengalami penurunan dan tidak berkembang akibat biaya pajak yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan segmen lain.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 41/2013 tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), pajak terendah 30 persen untuk sedan dengan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah.

Sementara pajak tertinggi untuk sedan bermesin bensin 3.000 cc dan diesel 2.500 cc sebesar 75 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pajak multi purpose vihicles (MPV) yang hanya sebesar 10 persen.

Jongkie menilai jika pajak terhadap sedan terus megalami kenaikan, penjualan disegmen ini akan terus mengalami kemerosotan dan sulit berkembang di pasar otomotif Tanah Air.

Tinggalkan Balasan