home Berita Terkini Kendaraan Lapis Baja Ini Kawal Pelantikan Presiden Baru RI

Kendaraan Lapis Baja Ini Kawal Pelantikan Presiden Baru RI

kendaraan-lapis-baja-ini-mengawal-pelantikan-presiden-baru-ri
FOTO: liputan6

Jakarta, MobilKomersial.com – Presiden terpilih, Joko Widodo hari ini, Senin (20/10) akan dilantik sebagai presiden ke-tujuh Indonesia. Pasukan pengamanan pun, menurunkan kekuatan terbaiknya pada helatan bersejarah ini. Ribuan personel dikerahkan yang didukung oleh kendaraan taktis dan lapis baja.

Mulai dari kendaraan seperti water canon, baracuda hingga tank dikerahkan di posisi vital seperti gedung parlemen, Senayan. Diantara kendaraan taktis tersebut terdapat salah satu kendaraan buatan PT Pindad. Yaitu panser Anoa milik TNI Angkatan Darat dan Komodo, mobil andalan Brimob Polri.

Lalu, apa yang membuat mobil andalan TNI dan Polri menjadi spesial? Kendaraan dengan enam roda ini mengambil desain dari kendaraan lapis baja milik Perancis, VAB. Diproduksi di Bandung, mobil ini petama kali diperkenalkan kepada publik pada perhelatan Indo Defence 2008 yang berfungsi sebagai kendaraan angkut sedang.

Banyak kontribusi yang sudah dilakukan oleh mobil ini, Anoa pun menjadi bintang di ajang Internasional, salah satunya saat menjadi andalan pasukan perdamaian kontingen Garuda di Libanon.

Sebagai kendaraan yang dirancang untuk menembus medan-medan sulit dan terjal, serta dipersiapkan menghadapi perang, Anoa dilengkapi dengan mesin senapan berat kaliber 50 dan terdapat pula pelontar geranat.

Selain Anoa terdapat pula komodo, mobil yang menjadi andalan Brimob Polri ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Kendaraan ini diperuntukan sebagai kendaraan taktis dengan tingkat mobilitas tinggi. Dengan desain yang hampir serupa dengan mobil Sherpa buatan Renault, diharapkan dapat bersanding dengan kendaraan taktis milik negara adidaya Amerika Serikat, Humvee.

kendaraan-lapis-baja-ini-mengawal-pelantikan-presiden-baru-ri
FOTO: liputan6

Pada acara pelantikan presiden kali ini, komodo ditugaskan untuk membantu dalam menghalau massa bila terjadi hal yang tak diinginkan, sementara itu Anoa bakal diproyeksikan sebagai kendaraan pemukul  dan evakuasi bagi tamu dan orang terpenting di negeri ini, mengingat kekuatan yang dimiliki yang anti peluru dan akselerasi yang prima.

Adapun Komodo mampu menampung 200 liter bahan bakar, serta mempunyai mesin import produksi Renault. Selain itu Komodo dilengkapi ban Michelin dengan body monoko yang dibuat oleh raksasa industri tekstil, PT Krakatau Steel.

Selain memproduksi kendaraan lapis baja, Pindad juga menawarkan beberapa varian kendaraan, mulai dari Ambulance, APC, Battering RAM, Canon Towing, Command, Recon dan Rocket Launcher. Tapi sayang, Pindad tak menyebutkan line-up dari mobil karya anak bangsa ini.

Tinggalkan Balasan