home Berita Terkini, Transportasi Bus Tingkat DKI Siap Layani Rute ERP

Bus Tingkat DKI Siap Layani Rute ERP

image-mobkom-Bus Tingkat DKI Siap Layani Rute ERP
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Dua Gate Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar telah terpasang di Jalan Sudirman dan Rasuna Said untuk tahap uji coba. Kebijakan ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menekan angka kemacetan di jantung Ibu Kota.

Menurut M Akbar, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, penerapan ERP bukan kebijakan tunggal, tetapi akan diikuti kebijakan penyediaan Bus Transjakarta gratis untuk akses warga sepanjang rute ERP.

“Pemprov akan menyediakan Bus Tingkat gratis untuk akses jalur ERP ini,” singkat Akbar babarapa waktu lalu.

Steve Kosasih, Direktur Utama PT Transjakarta, mengamini bahwa Pemprov DKI Jakarta akan menyediakan Bus Tingkat gratis di rute ERP, ketika ERP resmi diterapkan. Steve merinci, Bus tingkat itu, memiliki kapasitas muat 125-160 orang atau rata-rata 140 orang, sehingga masyarakat tidak berdesak-desakan di Bus.

Penumpang, kata Steve, nantinya tidak perlu menunggu lama karena setiap 5 hingga 15 menit akan ada bus transjakarta yang melewati setiap halte sepanjang rute ERP. Steve belum merinci jumlah Bus yang akan melayani rute khusus ini, karena masih ada dalam pembahasan.

Namun yang pasti, penerapan kebijakan Bus Transjakarta gratis akan berbarengan tepat dengan pemberlakuan resmi jalur berbayar (ERP) yang kemungkinan akan mulai dilaksanakan pada akhir 2015 mendatang.

Tinggalkan Balasan