home Berita Terkini, Transportasi Banyak Perusahaan Angkutan Darat Tidak Berbadan Hukum

Banyak Perusahaan Angkutan Darat Tidak Berbadan Hukum

image-mobkom-Banyak Perusahaan Angkutan Darat Tidak Berbadan Hukum
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Ada ratusan ribu perusahaan transportasi darat di Indonesia. Namun menurut data Kementerian Perhubungan, dari ratusan ribu perusahaan tersebut baru sepuluh persen yang memiliki badan hukum, sesuai peraturan Pemerintah No.17/2014 tentang angkutan jalan.

Menaggapi hal ini Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Hotma Simanjuntak mengatakan, pihaknya memiliki target agar semua perusahaan transportasi segera memiliki badan hukum.

Untuk itu, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terus berupaya agar jumlah perusahaan yang belum berbadan hukum tidak bertambah banyak, pasca pengesahan PP No 17/2014 pada pertengahan tahun ini.

Kementrian Perhubungan, kata Hotma, mengakui proses mendirikan badan hukum untuk perusahaan transportasi darat tidak mudah dan memakan biaya dan banyak waktu, namun sudah menjadi kewajiban setiap pemilik usaha angkutan untuk memiliki badan hukum.

Ketegasan pihak Kementrian Perhubungan, dimaksud agar legalisasi perusahaan angkutan darat jelas, selain mencegah perusahaan angkutan liar tidak lagi tumbuh. Karena jika sebuah perusahaan berbadan hukum maka pengelolaan usaha akan menjadi lebih professional dan menguntungkan semua pihak.

Tinggalkan Balasan