home Berita Terkini Uji Coba Sistem ERP Dimulai Hari Ini di Jakarta

Uji Coba Sistem ERP Dimulai Hari Ini di Jakarta

image-mobkom-uji-coba-sistem-erp-dimulai-hari-ini-di-jakarta
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – Electronic Road Price (ERP) atau jalan berbayar akan segera diterapkan di sejumlah titik jalan utama di wilayah Jakarta. Tujuan pemberlakuan sistem ERP itu sendiri tak lain demi membatasi jumlah pengguna kendaraan pribadi, yang menyumbang kontribusi besar pada kemacetan Ibu Kota.

Secara teknis uji coba perdana ERP akan dilakukan hari ini (Selasa, 30/9) di Jl. HR Rasuna Said, melibatkan 100 kendaraan roda empat Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Q-Free sebagai vendor dengan menggunakan On-Board Unit (OBU).

Uji coba ERP ini, kata Muhammad Akbar, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akan dilakukan selama tiga bulan untuk mengetahui apakah OBU dapat dideteksi atau tidak oleh perangkat ERP. Jika berhasil, vendor asal Norwegia ini dapat mengikuti lelang tender.

Akbar juga menjelaskan sistem yang digunakan vendor di Jl. HR Rasuna Said dan Jl. Jendral Sudirman, secara teknis bekerja dengan sistem yang sama dan hanya terdapat perbedaan pada bentuk gate ERP-nya saja. Gate ERP di Jl. Jendral Sudirman berbentuk letter U, sedangkan pintu gerbang ERP di Jl. HR Rasuna Said berbentuk L terbalik.

Sistem ERP yang rencananya akan live trial hari ini pukul 15.00 WIB di Jl. HR Rasuna Said, lanjut Akbar, harus mampu membaca pelat mobil yang melintas di sepanjang kawasan jalan berbayar ini untuk memudahkan identifikasi. Perangkat ERP akan dilengkapi dengan delapan kamera sensor pelat mobil serta sebuah layar digital yang mempromosikan ERP.

Penerapan kebijakan ERP ini akan diikuti dengan penyediaan bus tingkat gratis oleh Pemprov. DKI Jakarta, sebagai langkah untuk mengurangi volume kendaraan terutama di kantong-kantong kemacetan wilayah ibu kota.

Tinggalkan Balasan