home Berita Terkini, Transportasi TransJakarta Upayakan Bus TransJakarta Khusus Wanita

TransJakarta Upayakan Bus TransJakarta Khusus Wanita

image-mobkom-TransJakarta Upayakan Bus Khusus Wanita
Foto : Dedi Sofyan

Jakarta, MobilKomersial.com – TransJakarta sebagai moda transportasi umum andalan di Ibu Kota, sudah seharusnya memikirkan adanya unit Bus TransJakarta Khusus bagi wanita. Mengingat banyaknya kasus pelecehan seksual yang dialami penumpang wanita.

Terkait masalah tersebut, pihak TransJakarta mulai berpikir serius untuk mengoperasikan bus TransJakarta khusus wanita. Meski selama ini sudah ada ruang khusus bagi wanita di bagian depan bus, namun dinilai ruang tersebut tidak cukup untuk menampung semua penumpang wanita.

Antonius Kosasih, Dirut PT Transjakarta, mengatakan pihaknya telah mengusulkan ide bus TransJakarta khusus wanita ke Kadishub DKI. Sementara itu turut dipikirkan juga terkait pelaksanaan teknisnya di lapangan.

Antonius menambahan, nantinya TransJakarta khusus wanita akan diisi oleh para petugas wanita, mulai dari pengemudi hingga ke petugas on board. “Jadi bus tersebut benar-benar steril dari kaum pria,” ujarnya.

Hal ini, kata Antonius, dibuat untuk meminimalisasi terjadinya pelecehan seksual di sarana transportasi umum. Penumpang wanita kerap dijadikan sasaran pelecehan ketika terjadi desak-desakan dalam bus. Dengan adanya TransJakarta khusus wanita, rasa aman pun akan timbul untuk para penumpang wanita.

Meski demikian, Antonius belum bisa memastikan kapan kebijakan yang urgent ini dapat direalisasikan. Mengingat saat ini jumlah armada TransJakarta sendiri masih belum memadai untuk mengangkut penumpang di Jakarta. Namun Ia berharap kebijakan ini dapat segera direalisasikan secepatnya. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan