home Berita Terkini, Bus & Truk Toyota, Subaru dan Daihatsu Luncurkan Truk Mini

Toyota, Subaru dan Daihatsu Luncurkan Truk Mini

image-mobkom-truk-mini
Foto: Toyota

Jepang, MobilKomersial.com – Toyota, Subaru dan Daihatsu telah merilis berbarengan truk mini super kompak terbaru mereka di Jepang Minggu lalu. Uniknya, ketiga truk ini tampak sama dan pembeda mereka hanyalah emblemnya.

Toyota Pixis, Subaru Sambar dan Daihatsu Hijet adalah nama ketiga varian tersebut. Semuanya beroperasi dengan mesin 3-silinder DOHC yang dibatasi sampai 660cc dan berkekuatan 63dk. Pembatasan tersebut dilakukan guna memenuhi standar kendaraan kei, kendaraan mini khas Jepang yang menjadi acuan tiga truk tersebut.

Meski tampaknya minim tenaga namun total berat kendaraan yang hanya 1,630 pon cukup seimbang dengan kekuatan mesinnya. Selain ringan, kendaraan kei juga terkenal ramah lingkungan. Versi paling ringan sanggup mencapai hitungan 46 mpg dalam jangkauan mengemudi di Jepang.

Truk mini super kompak, atau biasa disebut truk kei, sangat populer di Jepang. Kendaraan ini beroperasi sebagai truk peternakan sampai menjadi truk pengantar barang di perkotaan. Pabrikan sendiri berinvestasi penuh dalam perkembangan kendaraan kei, demi mengejar umur kendaraaan yang panjang. Toyota Hijet sendiri belum mengalami perubahan selama 15 tahun hingga kini muncul versi terbarunya.

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan