home Berita Terkini, Event, Teknologi Tiga Mobil Konsep Toyota Siap Meriahkan IIMS 2014

Tiga Mobil Konsep Toyota Siap Meriahkan IIMS 2014

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah mempersiapkan 35 unit mobilnya yang bakal dipajang di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2014.  Dari sederet mobil yang akan dipamerkan tersebut ternyata TAM akan memboyong 3 unit mobil teknogi masa depan (konsep), dan pastinya bakal membuat anda berdecak kagum.

Nah, untuk Anda yang masih belum tahu mobil konsep apa saja yang akan ditampilkan TAM di ajang otomotif terbesar di dalam negeri ini, berikut ini adalah sedikit ulasan nya :

image-mobkom-tiga-mobil-konsep-toyota-siap-meriahkan-iims-2014
Foto: Istimewa

Toyota Fuel Cell Vehicle (FCV)

Mobil ini pertamakali diperlihatkan ke publik pada saat ajang Tokyo Motor Show 2013 lalu, mobil berkapasitas 4 penumpang ini menggunakan teknologi Hybrid Synergy Drive seperti yang digunakan pada mobil Prius, namun mengganti mesin bensin dengan sel bahan bakar hidrogen.

Sekali isi, mobil ini bisa menempuh 300 mil (480 km) tanpa menimbulkan emisi sama sekali. Satu-satunya ampas pembuangan adalah uap air yang tidak berbahaya. Isi ulang hidrogen hanya berlangsung 3-5 menit, jauh lebih singkat dari pengisian setrum mobil listrik yang bisa berjam-jam.

Peforma mobil ini pun terbilang cukup lumayan, buktinya ia dapat berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 10 detik dan kecepatan maksimumnya nya mencapai 160 km/jam.

Rencananya pada tahun 2015, mobil ini akan mulai diproduksi masal di negara asalnya Jepang dan California (Amerika Serikat). Lalu bagaimana di Indonesia ? Mengenai hal ini  Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Suparno Djasmin, mengatakan di dalam negeri mobil ini belum bisa dipasarkan karena memang Indonesia dinilainya belum memiliki kemampuan untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan tersebut.  “Pemerintah harus menyiapkan stasiun pengisian. Mobil ini diisi 3 menit bisa menempuh 700km,” katanya.

image-mobkom-tiga-mobil-konsep-toyota-siap-meriahkan-iims-2014
Foto: Istimewa

Toyota FT-1

Mobil ini pertamakali diperkenalkan dalam ajang  Detroit Motor Show awal tahun ini. FT-1 adalah sports car yang sarat akan warisan sports dan balap model Toyota terdahulu seperti  2000GT, Celica dan Supra. Mobil ini di disain oleh Calty Design Research di Newport Beach, California, bekerja sama dengan Polyphony Digital yang terkenal sebagai developer game simulasi balap Grand Turismo.

Uniknya kabin mobil ini, sengaja dirancang layaknya sebuah kokpit pesawat, lihat saja panel indikator yang biasa terletak di konsol tengal, pada mobil ini justru  ditampilkan pada sebuah layar HUD yang berbentuk heksagonal di kaca depan. HUD  ini terinspirasi oleh jet tempur untuk membuat pandangan pengemudi tetap fokus pada jalan. layar HUD ini pun tidak hanya menampilkan fitur informasi mengenai kecepatan mobil, tetapi juga menampilkan berbaggai fitur menerik seperti musik, infotainment hingga informasi mengenai volume bahan bakar yang ditampilkan dalam tiga dimensi di kedua sisi kemudi.

image-mobkom-tiga-mobil-konsep-toyota-siap-meriahkan-iims-2014
Foto: istimewa

Toyota FV2

Beda lagi dengan mobil yang satu ini, ya kendaraan yang pertama kali diperkanalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2013 ini merupakan sebuah Personal Mobilty, mobil ini hanya berkapasitas satu penumpang, dan memiliki tiga roda, namun yang membuat mobil terasa unik ternyata FV2 dikemudikan tanpa menggunakan lingkar kemudi.  “Dan yang lebih hebat nya lagi mobil ini dapat mendeteksi suasana hati si penggunanya,” kata Suparno Djasmin

Bagaimana ? keren-keren kan mobil konsepnya, semua mobil berteknologi masa depan tersebut, bisa anda saksikan dengan mata telanjang di main booth Toyota di Hall D dalam ajang IIMS 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, mulai tanggal 18 hingga 28 September mendatang. (NY)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan