home Berita Terkini, Motor Permintaan Lokal Besar, Pemerintah Belum Fokus Ekspor Roda Dua

Permintaan Lokal Besar, Pemerintah Belum Fokus Ekspor Roda Dua

image-mobkom-Permintaan Lokal Besar, Pemerintah Belum fokus Ekspor Roda Dua
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Tingginya permintaan roda dalam negeri membuat pemerintah belum berpikir untuk mengekspor produksi kuda besi ke luar negeri. Pelaku bisnis roda dua memprediksi tahun ini saja kemungkinan penjualan roda dua bisa menembus angka 8 juta unit.

Budi Darmandi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementrian Perindustrian, mengaku pemerintah untuk sementara tidak memfokuskan diri pada ekspor sepeda motor. Hal ini dilakukan karena sejak saat ini, Industri roda dua di Tanah Air masih berfokus pada pemenuhan kebutuhan dan permintaan dalam negeri yang terus meningkat setiap tahun.

Budi menjelaskan, ekspor roda dua sulit berkembang karena hampir setiap negara khususnya kawasan Asia Tenggara sudah memiliki pabrik sepeda motor. Oleh karena itu angka ekspor sepeda motor Tanah Air belum signifikan jika dibandingkan dengan tingkat produksinya.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mencatat wholesales motor 2013 mencapai 7.771.014 unit. Dari jumlah tersebut, angka ekspor sepeda motor Tanah Air hanya 27.135 unit atau setara 0,35%.

Sementara pada periode Januari-Agustus 2014, jumlah penjualan sepeda motor secara wholesales mencapai 5.368.858 unit. Dari jumlah tersebut ekspor sepeda motor nasional baru menembus jumlah 22.964 unit atau setara 0,43%.

Pertumbuhan ini sangat tidak signifikan mengingat hampir semua kawasan Asia Tenggara memiliki basis produksi kuda besi dari berbagai brand roda dua ternama di dunia. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan