home Berita Terkini Puluhan Pabrik Thailand Bakal Masuki Indonesia

Puluhan Pabrik Thailand Bakal Masuki Indonesia

image-mobkom-Otomotif Potensial, 20 Pabrik Thailand akan Masuk Indonesia
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Industri otomotif Indonesia terus menunjukan kemajuannya, itu sebabnya banyak merek besar otomotif yang membidik pasar otomotif Indonesia untuk meningkatkan daya produksi mereka.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Sudirman MR, memperkirakan saat ini produk mobil-mobil merek ternama yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan kandungan lokal dalam negeri sekitar 80-85 persen.

Melihat perkembangan itu, kata Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, sekitar 20 perusahaan asal Thailand, yang bergerak di bidang pendukung otomotif, ingin masuk Indonesia sebagai basis pengembangan industri mereka.

Proses pendirian 20 pabrik Thailand tersebut, kata Budi, akan dilakukan secara bertahap, tidak serentak. Namun Kementrian punya harapan besar agar nantinya mendukung perkembangan otomotif Tanah Air dan memberi nilai tambah pada kekuatan industri otomotif Indonesia.

Selain itu, keuntungan besar akan diperoleh dari pendirian pabrik baru asal Thailand Tersebut. Diantaranya adalah dapat mensubstitusi impor, meningkatkan pajak, penyerapan tenaga kerja, dan bahan baku dalam negeri yang terserap dengan baik. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan