home Berita Terkini Modifikasi Kendaraan Boleh Asal Tidak Menganggu

Modifikasi Kendaraan Boleh Asal Tidak Menganggu

image-mobkom-modifikasi-kendaraan-boleh-asal-tidak-menganggu
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – Banyak pemilik kendaraan di kota-kota besar seperti Jakarta yang hobi memodifikasi kendaraannya. Bahkan perusahaan-perusahaan otomotif pun turut mendukung kreatifitas para pecinta modifikasi Tanah Air dengan berbagai ajang modifikasi.

Lalu apakah pihak kepolisian punya standar hukum berkaitan dengan modifikasi kendaraan di Indonesia? Menurut AKBP Warsinem, Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jakarta, modifikasi kendaraan bermotor diperbolehkan sejauh tidak mengganggu lalu lintas dan kenyamanan pengguna kendaraan lain.

“Modifikasi boleh-boleh saja, sejauh tidak mengganggu lalu lintas dan itu ada aturannya seperti layak jalan, atau kalau modifikasi dengan tambahan seperti motor dengan tiga penumpang harus dilengkapi dengan lighting pada sisi tambahannya,” terang Warsinem, di Senayan City, saat acara Michelin Safety Roadshow, Selasa (2/9).

Berikut aturan resmi modifikasi kendaraan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Salah satunya merujuk pada pasal 132 ayat (5) dan ayat (6) PP No. 55/2012, yang mengatur bahwa modifikasi hanya dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari agen tunggal pemegang merek. Dan yang berhak untuk melakukan modifikasi adalah bengkel umum yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri.

Menurut peraturan, modifikasi dimensi hanya dapat dilakukan pada perpanjangan atau pemendekan landasan (sasis) tanpa mengubah jarak sumbu dan konstruksi Kendaraan Bermotor tersebut.

Selain itu, merujuk Pasal 52 ayat (3) UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mensyaratkan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Uji tipe yakni pengujian fisik kendaraan agar layak jalan dan lengkap dengan semua spesifikasi standar kendaraan bermotor.

Tinggalkan Balasan