home Berita Terkini, Bus & Truk Isuzu Siap Hasilkan Mekanik dari Pembinaan SMK

Isuzu Siap Hasilkan Mekanik dari Pembinaan SMK

image-mobkom
Foto: Isuzu Astra

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan pelatihan untuk membangun mekanik handal dari rumah sendiri.

Untuk itu, Isuzu bekerjasama dengan sejumlah SMK di pulau Jawa untuk memberikan kesempatan pada siswa kompeten mengembangkan kualitas soft skill mereka di Isuzu Technician Shool (ITS).

“Jadi sementara sudah 10 SMK yang bekerjasama dengan kita. Nantinya anak-anak itu di training selama 6 bulan kemudian kita distribusikan ke diler-diler kita,” kata Rodko Purba, Departement Head Service, PT Isuzu Astra Motor Indonesia di JIExpo, Kamis (2/9).

Program perekrutan calon mekanik Isuzu ini, kata Purba, merupakan bagian program CSR Isuzu pembinaan SMK untuk mengembangkan kualitas para siswa yang berpotensi menjadi mekanik handal yang mampu menangani semua mesin baik komersial maupun peumpang.

Selain tujuan itu, Isuzu sadar bahwa kebutuhan mekanik yang handal saat ini sangat sulit. Sehingga dengan pembinaan Isuzu sendiri, mereka bisa secara sempurna mengetahui kapasitas mekanik yang sesuai dengan kebutuhan.

“Ini investasi manusia. Sekarang mencari orang yang benar-benar kompeten sangat sulit. Kalau kita bina sendiri kita tahu persis apa yang kita butuhkan. Sekaligus membantu mereka tidak kesulitan mencari kerja pasca sekolah,” jelas Purba.

Program yang telah dijalankan sejak 2012 ini, lanjut Purba telah menghasilkan 78 orang mekanik handal yang siap terjun di diler-diler Isuzu di seluruh Indonesia.

Saat ini, tambah Purba, Isuzu telah memiliki 918 mekanik, tetapi karena pertumbuhan outlet Isuzu per tahun yang mencapai 10 hingga 15 outlet, maka tenaga mekanik akan terus dibutuhkan.

“Disetiap outlet kita butuh 5-6 orang dan mekanik sangat terbatas karena itu melalui Isuzu Technician Schooll, kita targetkan bertambah 50 orang sampau akhir tahun 2014,” tutupnya. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan