home Berita Terkini, Teknologi, Transportasi Demi Keamanan, Bus Damri Pasang Black Box

Demi Keamanan, Bus Damri Pasang Black Box

image-mobkom-demi-keamanan-bus-damri-pasang-black-box
Foto: create-eop

Jakarta, MobilKomersial.com – Inovasi berbasis teknologi keamanan tingkat tinggi kini telah merambah dunia transportasi dalam negeri. Teknologi kotak hitam alias black box, yang lazim digunakan pada pesawat udara, akan diadaptasi oleh Perum Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (Damri) pada armada bus miliknya.

Kotak ajaib perekam berbagai kejadian dalam sebuah maskapai penerbangan itu, akan dipasang pada setiap unit Damri untuk memberikan rasa nyaman pada penumpang di angkutan umum yang menjadi salah satu andalan transportasi di Indonesia.

Triwahyono Edi, Asisten Senior Manager Teknologi Informasi Perum Damri, menjelaskan bahwa teknologi black box yang akan diterapkan pada unit bus Damri dilakukan untuk meningkatkan keamanan pada semua penumpang setia Damri termasuk awak bus.

Perangkat ini, menurut Triwahyono, dapat memantau kondisi di luar dan di dalam kabin bus melalui real time audio-visual dengan data terekam. Sehingga tracking atau pelacakan jalur yang dilalui kendaraan yang telah terpasangi kotak hitam ini, dapat terpantau melalui monitor yang ada pada pos pengawasan operasional di setiap pool bus Damri

Sistemnya, lanjut Triwahyono, akan langsung terhubung dengan server di kantor pusat, dengan menggunakan chip kartu GSM (Global System for Mobile) yang terdapat di dalam kotak hitam. Sampai saat ini, sekitar 70 unit bus sudah terpasang black box, namun masih dalam tahap pengembangan. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan