home Berita Terkini, Bus & Truk Volvo FE Berbahan bakar Gas Mulai Produksi Tahun Depan

Volvo FE Berbahan bakar Gas Mulai Produksi Tahun Depan

image-mobkom-
Foto: Volvo Trucks

Swedia, MobilKomersial.com – Varian terbaru dari seri FE, Volvo FE CNG akan segera diluncurkan pada awal tahun depan. Versi ini merupakan pengembangan dari Volvo FE yang beroperasi dengan menggunakan gas alam terkompresi dan dikembangkan untuk operasi jarak pendek.

Sebuah langkah yang lebih hijau dikembangkan Volvo demi mendukung lingkungan yang lebih bersih di dalam kota. Bila dibandingkan dengan versi diesel, jelas kendaraan yang beroperasi dengan CNG akan lebih hijau.

Secara perbandingan, methane yang merupakan kandungan terbanyak di CNG dapat mengurangi emisi karbon dioksida sampai 93 persen bila dibandingkan dengan bensin. Selain itu kendaraan berbahan bakar gas alam juga dapat mengurangi emisi PM10 sampai sepuluh kali.

Hal baik lainnya adalah keawetan tangki bahan bakar. Karena menampung gas, tangki bahan bakar kendaraan berbasis gas akan lebih tipis namun kuat. Di Amerika Serikat sendiri belum ada tangki bahan bakar gas yang  rusak sampai kurun waktu dua tahun lebih, seperti dilaporkan oleh autoevolution.

Volvo FE CNG merupakan truk medium yang mengusung teknologi spark plug dengan mesin baru 9-liternya. Dikawinkan dengan transmisi enam-percepatan otomatis, truk ini sanggup menghasilkan 320 tenagakuda dan torsi 1,356 Nm dengan sebersih mungkin. Truk ini akan mulai diproduksi dan diedarkan pada tahun 2015 di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa sebagai truk angkut sampah. (MOS)

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan